KONTRIBUSI KEMATANGAN EMOSI PADA INTENSI BERWIRAUSAHA KULINER MAHASISWA TINGKAT AKHIR

Domnina Rani P Rengganis

Abstract


Studi ini bertujuan untuk memahami kontribusi kematangan emosi pada intensi berwirausaha kuliner mahasiswa. Yang menjadi subjek penelitian dalam penelitian ini mahasiswa di perguruan tinggi x di Yogyakarta. Studi ini dirancang dengan menggunakan metode survey, dengan menggunakan Skala Intensi Berwirausaha dan Skala Kematangan Emosi. Penelitian ini dimaksudkan sebagai penelitian pendahuluan yang dapat digunakan sebagai referensi untuk penelitian lebih lanjut, serta dasar pelatihan secara psikologis. Subjek dalam penelitian ini adalah 53 orang mahasiswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan antara kematangan emosi dan intensi berwirausaha kuliner mahasiswa tingkat akhir. Dari hasil perhitungan, yang diperoleh tingkat signifikansi p = 0.000 <0.01 dengan koefisien korelasi R = 0.597. Hal ini berarti bahwa pengujian hipotesis diterima, dan model regresi dapat digunakan untuk memperkirakan intensi berwirausaha kuliner pada mahasiswa

Keywords


Kematangan Emosi, Intensi Berwirausaha

Full Text:

PDF

References


Barnir, A., Watson, W. E., & Hutchins, H. M. 2011. Mediation and moderated mediation in the relationship among role models, self- efficacy, entrepreneurial career intention, and gender. Journal of Applied Social Psychology, 41(2), 270–297.

Baumassepe, A. N. 2001. Berwirausaha Sejak Mahasiswa. Makalah. Tidak diterbitkan. Yogyakarta: STIE YKPN

Fini, R., Grimaldi, R., Marzocchi, G.L. and Sobrero, M. 2009. The Foundation of Entrepreneurial Intention. Summer Conference, June 2009, 17-19.

Ghazali, Z., Ibrahim, N.A., Zainol, F, A. 2013. Factors Affecting Entrepreneurial Intention Among UniSZA Students. Asian Social Science. 9 (1), 85-93.

Goleman, D. 2003. Emotional Intelligence. Terjemahan T Hermaya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Hurlock, E. B. 2002. Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga

Kuckertz, A & Wagner,M. September 2010. The Influence of Sustainability Orientation on Entrepreneurial Intentions—Investigating the Role of Business Experience. Journal of Business Venturing 25(5):524-539 •

Logiawan, Y., & Subagio,H. 2014. Analisa customer value terhadap customer loyalty dengan customer statisfaction sebagai variabel intervening pada restoran bandar djakarta surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1-11.

Murali, S., Mohani, A., & Yuzliani, Y. 2009. Impact of personal qualities and management skills of entrepreneurs on venture performance in Malaysia: opportunity recognition skills as a mediating factor. Technovation, 29, 798–805.

Paulina, I dan Wardoyo. 2012. Pengaruh Kecerdasan Emosi, Sikap Mandiri, dan Lingkungan Trhadap Intensi Berwirausaha pada Mahasiswa. Jurnal Dinamika Manajemen. 3 (1), 1-9.

Pihie, Z. A. L. 2009. Entrepreneurship as a Career Choice: An Analysis of Entrepreneurial SelfEfficacy and Intention of University Students. European Journal of Social Sciences. Vol. 9, No. 2, pp: 338-349.

Sari, W.S.L.N., & Suwandana, M.G.I. 2016. Pengaruh self efficacy terhadap keterlibatan kerja dan Kepuasan kerja karyawan pada IBIS Style Bali Benoa Hotel. Jurnal Manajemen Unud, 5(5), 3191-3218.

Segal, G., Borgia, D., & Schoenfeld, J. 2005. The motivation to become an entrepreneur. International Journal of Entrepreneurial Behavior and Research, 11(1), 42–57.

Shapero, A and Sokol, L, 1982. The Social Dimensions of Entrepreneurship. Encyclopedia of Entrepreneurship, Vol.,p. 72-90 1982.

Sumarni. 2006. Pengaruh Konsep Diri, Prestasi Belajar dan Lingkungan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa SMK Negeri 2 Semarang. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.




DOI: https://doi.org/10.26486/psikologi.v20i2.754

Article Metrics

Abstract view : 130 times
PDF - 52 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Domnina Rani P Rengganis

Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Indexed by

  ipiii.png 

Crossref logo Dimensions Google Scholar

View INSIGHT Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.