KUALITAS KEHIDUPAN SEKOLAH DAN DISIPLIN PADA SANTRI ASRAMA PONDOK PESANTREN

Authors

  • Nikmah Sofia Afiati Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.26486/psikologi.v20i1.630

Keywords:

kualitas kehidupan sekolah, disiplin, santri asrama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas kehidupan sekolah dengan disiplin pada santri asrama pondok pesantren. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara kualitas kehidupan sekolah dengan disiplin pada santri asrama pondok pesantren. Subjek penelitian yaitu santri asrama di Pondok Pesantren Pabelan yang berjumlah 140 orang. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah skala disiplin (α=0,915) dan skala kualitas kehidupan sekolah (α=0,903) yang telah diujicobakan pada 78 santri asrama. Data yang diperoleh berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,508 dan p=0,000 (p<0,01), artinya terdapat hubungan yang positif antara kualitas kehidupan sekolah dengan disiplin pada santri asrama pondok pesantren, sehingga hipotesis yang diajukan dapat diterima. Sumbangan efektif kualitas kehidupan sekolah terhadap disiplin sebesar 25,8%, sedangkan 74,2% dipengaruhi oleh faktor lain.

Author Biography

Nikmah Sofia Afiati, Universitas Mercu Buana Yogyakarta

References

Atifah, N. (2006). Hubungan tingkat kedisiplinan dengan prestasi belajar sosiologi bagi siswa kelas xi ips madrasah aliyah negeri babakan lebaksiu tegal. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Azwar, S. (2005). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bagley, W. C. (2010). School Discipline. New York: Macmillan Company.

Blandford, S. (2005). Managing discipline in school. London: Routledge.

Curelaru, M., Iacob, I., & Abalasei, B. (2009). School bullying: Definition, characteristics, and intervention strategies. Revista de Cercetare si Interventie Sociala, 26, 7-29.

DeVellis, R. F. (2011). Scale development: Theory and applications (3th ed.). Los Angeles: Sage Publications.

Dewi, I. (2010). Pengaruh pelatihan kedisiplinan dalam meningkatkan disiplin belajar siswa di sekolah menengah pertama. Tesis. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Djamarah, S. B. (2008). Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dupper, D. R. (2010). A new model of school discipline : Engaging students and preventing behavior problems. New York: Oxford University Press.

Handayani, R. W. (2007). Penanaman disiplin dalam mentaati peraturan dan tata tertib. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Huda, M. (2014). Model pendidikan karakter dalam rangka peningkatan sikap disiplin pada siswa-siswa kelas VII MTs Negeri Sampung Ponorogo. Skripsi. Ponorogo: Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Hunt-Sartori, M. A. (2007). The relationships among student membership in groups quality of school life, sense of belonging and selected performance factors. Dissertation. Huntsville Texas: Sam Houston State University.

Johnson, W. L., & Johnson, A. M. (1993). Validity of the quality of school life scale: A primary and second-order factor analysis. Educational and Psychological Measurement, 53, 145-153.

Karatzias, A., Power, K. G., & Swanson, V. (2001). Quality of school life: A cross-cultural study of Greek and Scottish secondary school pupils. European Journal of Educationn, 36 (1), 91-105.

Kwong, K. C. (2006). Classroom learning experiences and students’ perceptions of quality of school life. Hong Kong: Chinese University of Hong Kong.

Lemhannas. (1997). Disiplin Nasional. Jakarta: Balai Pustaka.

Leonard, C. (2003). Affective outcomes in the context of school reform. Newcastle: University of Newcastle.

__________. (2002). Quality of school life and attendance in primary school. Newcastle: University of Newcastle.

Mu’tasim, R., dkk. (2005). Profil 40 tahun pondok pesantren pabelan 1965-2005. Muntilan: Pondok Pesantren Pabelan.

Nurhasan, A., & Suyanto, W. (2014). Peranan perhatian orangtua terhadap kedisiplinan belajar pada siswa kelas XI program keahlian otomotif SMK Muhammadiyah 1 Salam. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Octyavera, R. M. (2006). Hubungan kualitas kehidupan sekolah dengan penyesuaian sosial pada siswa sma international islamic boarding school republic of Indonesia. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Qomar, M. (2006). Pesantren dari transformasi metodologi menuju demokratisasi institusi. Jakarta: Erlangga.

Rahman, S. H. (2016). Implementasi peraturan sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru dan siswa. Tesis. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Rogers, B. (2011). You know the fair rule: Strategies for positive and effective behaviour management and discipline in school. Camberwell: ACER Press.

Setyorini, D. E. (2016). Pengaruh ekstrakurikuler kepramukaan terhadap kedisiplinan siswa SD Negeri Gugus Cakra Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sochib, M. (2010). Pola Asuh Orangtua dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta.

Soemarmo. (1998). Pedoman pelaksanaan disiplin nasional dan tata tertib sekolah. Jakarta: CV Mini Jaya Abadi.

Thien, L. M., & Razak, N. A. (2012). Academic coping, friendship quality, and student engagement associated with student quality of school life: A partial least square analysis. Soc Indic Res, 112, 679–708.

Triastuti, W. (2015). Pengaruh pemberian sanksi terhadap kedisiplinan dalam mematuhi tata tertib sekolah di MIN Kragan Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2014/2015. Naskah Publikasi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Wahyuni, T. (2012). Pengaruh perhatian orangtua terhadap kedisiplinan belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Skripsi. Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Weintraub, N., Erez, A. B. (2009). Quality of life in school (QoLS) questionnaire: Development and validity. The American Journal of Occupational Therapy, 63 (6), 724-731.

Winarsunu, T. (2006). Statistik dalam penelitian psikologi dan pendidikan (edisi revisi). Malang: UMM Press.

Yudiastri, F. I., Yusmansyah, & Rahmayanthi, R. (2015). Peningkatan disiplin siswa menggunakan konselingkelompok pendekatan behavior siswa SMP kelas VIII. Jurnal Bimbingan Konseling, 4 (2), 1-15.

Zulbina, & Sailan, M. (2015). Peningkatan kedisiplinan siswa melalui gerakan pramuka pada SMA Muhammadiyah Kalosi kec. Alla Kabupaten Enrekang. Skripsi. Makassar: Universitas Negeri Makasar.

Downloads

Published

2018-02-26

How to Cite

Afiati, N. S. (2018). KUALITAS KEHIDUPAN SEKOLAH DAN DISIPLIN PADA SANTRI ASRAMA PONDOK PESANTREN. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 20(1), 15–28. https://doi.org/10.26486/psikologi.v20i1.630

Issue

Section

Articles