Peningkatan Kemandirian Anak Usia Prasekolah Dengan Pemberian Pengukuh Positif
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pengukuh positif untuk meningkatkan kemandirian pada anak usia prasekolah. Hipotesis yang diajukan adalah Ada pengaruh pemberian pengukuh positif terhadap peningkatan kemandirian anak usia prasekolah, kemandirian anak selama dan setelah mendapatkan intervensi pemberian pengukuh positif mengalami peningkatan dibandingkan sebelum pemberian intervensi. Metode penelitian yang digunakan adalah kasus tunggal dalam bentuk desain eksperimen A-B-A. Pengukuran pemberian pengukuh positif menggunakan behavior checklist, sedangkan analisis datanya menggunakan visual inpection, dengan didukung analisis kualitatif, dengan uji Intraclass Correlation (ICC=0,989) dengan Sig.=0.000. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku kemandirian subjek yang mendapatkan intervensi berupa pemberian pengukuh positif meningkat. Salah hal yang terungkap dari penelitian ini adalah ada sikap nrimo dari subjek, ketika salah satu pengukuh positif digantikan karena ketiadaan barang tersebut.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26486/psikologi.v18i1.348
Article Metrics
Abstract view : 479 timesPDF - 2315 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Novia Sinta Rochwidowati, Rahma Widyana
Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Indexed by
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.