Efektivitas Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis

Authors

  • Muhammad Farid Nasrulloh Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang.
  • Fitri Umardiyah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang.

DOI:

https://doi.org/10.26486/jm.v5i1.1322

Keywords:

strategi think-talk-write (ttw), berpikir kritis, komunikasi matematis.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi Think-Talk-Write (TTW) dan pendekatan pembelajaran konvensional ditinjau dari berpikir kritis dan komunikasi matematis, membandingkan keefektifan strategi strategi Think-Talk-Write (TTW) dan pendekatan pembelajaran konvensional ditinjau dari berpikir kritis dan  komunikasi matematis. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X MA Bahrul Ulum Jombang yang berjumlah tiga kelas. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas X-IIS-1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X-IIS-II sebagai kelas kontrol. Data dianalisis dengen menggunakan uji one-sample t-test, uji MANOVA dengan T2 Hotteling dan uji t dengan kriteria Bonferroni. Hasil penelitian ini adalah pada taraf kepercayaan 95%, impelementasi strategi Think-Talk-Write (TTW) efektif ditinjau dari berpikirr kritis dan komunikasi matematis, sedangkan pembelajaran konvensional tidak efektif ditinjau dari berpikir kritis dan komunikasi matematis. Implementasi strategi Think-Talk-Write (TTW) lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

 

References

Amalia, N. F., & Pujiastuti, E. (2017). KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN RASA INGIN TAHU MELALUI MODEL PBL. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 523–531.

Gunur, B., Lanur, D. A., & Raga, P. (2019). Hubungan kemampuan numerik dan kemampuan spasial terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 224–232. https://doi.org/10.21831/pg.v14i2.27250

Jami’atun, S., & Wijayanti, K. (2020). Kemampuan Penalaran Matematis pada Pembelajaran TTW (Think Talk Write) Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 599–604.

Khoiriyah, S. (2016). Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa dalam Pemecagan Masalah Kalkulus II. Jurnal e-DuMath, 2(2), 202–209.

Khotimah, K., & Nasrulloh, M. F. (2018). Kemampuan Literasi Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Global Dan Kemampuan Matematika. 7.

NCTM, N. C. of T. of M. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. NCTM.

Rofikoh, F., Winarti, E. R., & Sunarmi, S. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Pembelajaran TTW Berbantuan Fun Card Ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 432–438.

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran. Prenada Media.

Santrock, J. W. (2011). Perkembangan Anak Edisi 7 Jilid 2 (7 ed.). Erlangga.

Simanjuntak, M. (2012). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Sub Pokok Bahaan Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat dengan Think-Talk-Write (TTW) Berbantuan Garis Bilangan 2011/2012. UNIMED.

Ulep, S. A. (2010). DEVELOPING MATHEMATICAL COMMUNICATION IN PHILIPPINE CLASSROOMS. UP NISMED, 10.

Downloads

Published

2020-10-31

Issue

Section

Articles