Pengembangan Laboratorium Matematika Virtual Dengan Software Appy Pie Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Adaptive E-Learning

Isna Kholifa, Suswanti Suswanti, Nuryadi Nuryadi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran matematika virtual berbasis Android  ditinjau dari kemampuan komunikasi dan adaptive e-learning yang valid, praktis, dan efektif. Media pembelajaran matematika virtual yang dihasilkan berbasis Android pada materi pokok bilangan dibuat dengan bantuan software Appy Pie yang berisikan teks, gambar, video, link, dan game interaktif. Prosedur pengembangan media matematika virtual menggunakan 5 tahapan yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Uji coba yang dilakukan meliputi ujicoba ahli/validasi ahli (expert judgement), uji coba kelompok kecil (small group try-out) dan uji coba lapangan (field try-out). Uji coba lapangan (field try-out) dilakukan pada dua kelas X di SMA N 1 Sedayu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian kepraktisan oleh guru, lembar penilaian kepraktisan oleh siswa, dan instrumen tes keefektifan media. Analisis data dilakukan dengan mengkonversi total skor data kuantitatif yang diperoleh menjadi data kualitatif skala lima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media matematika virtual berbasis Android dengan berbantukan software Appy Pie memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi dan adaptive e learning.

Keywords


pengembangan, adaptive e learning, appy pie, komunikasi matematis

Full Text:

PDF

References


Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Geisert, P. G., & Mynga. 1995. Teachers, Computer and Curriculum: Microcomputer in the classroom. United State of America: Allyn & Bacon.

Irnin, A., dkk. 2016. Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Android. Jakarta: Universitas Indrapati PGRI.

Anggraeni, R.D., & Kustijono, R. 2013. Pegembangan Media Animasi Fisika Pada Materi Cahaya dengan Aplikasi Flash Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Fisika dan Aplikasinya (JPFA) Vol.3 No.1, Juni 2013. ISSN: 2087-9946.

Nuryadi, N., & Khuzaini, N. (2016). The Effectiveness of Team's Game Tournament Seen From Communication and Problem Solveing Capabilities (Experimental Study of Class VIII students in SMP Negeri 1 Seyegan). Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1).

Nuryadi, N. (2019). Pengembangan Media Matematika Mobile Learning Berbasis Android ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal pendidikan surya edukasi (JPSE), 5(1), 1-13.

Nieveen. 1999. Prototyping to Reach Product Quality dalam Plomp, T; Nieveen, N., Gustafson, K, Branch, R.M, & Van den Akker, J (eds). Design approaches and tools in education and training. London: Kluwer Acadenic Publlisher.

Kemp, E.J. 1994. Instructional design: a play for unit and course development (2nd ed). New York: Meriil.

BSNP. 2006. Panduan penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Azwar, S. 2010. Tes Prestasi. Yogyakarta: Pustaka Belajar




DOI: https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.876

Article Metrics

Abstract view : 55 times
PDF - 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by

 ipiii.pngDimensions

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.