Pengembangan modul statistik berbasis PMR untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa

Yudhi Hanggara, Nina Agustyaningrum, hermansah hermansah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mengetahui kualitas produk berupa modul statistic berbasis PMR yang sesuai dengan kriteria kualitas yang ditetapkan. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Developement, Implementation, Evaluation) yang terdiri dari 5 tahap yaitu tahap Analysis dengan menganalisis kebutuhan, kurikulum, karakteristik mahasiswa DAN ANALISIS MATERI, tahap Design, tahap pengembangan (developement), tahap Implementasi dan tahap Evaluation. Desain penilaian produk yang digunakan adalah desain deskriptif. Penilaian produk dilakukan oleh tiga validator yaitu dosen pendidikan matematika pengampu mata kuliah Statistik. Objek penelitian adalah kualitas bahan ajar berdasarkan kriteria tertentu. Data penelitian berupa data tentang proses penyusunan dan pengembangan bahan ajar serta data kualitas bahan ajar yang disusun. Instrumen penelitian berupa lembar validasi berbentuk check list tentang kualitas bahan ajar. Data kualitas produk yang dihasilkan berbentuk deskriptif kemudian diubah menjadi skor 1, 2, 3, dan 4,  untuk kriteria sangat kurang, kurang, baik, dan sangat baik. Modul yang dikembangkan mencakup 6 pokok bahasan. Hasil penilaian dari 3 validator memperoleh  hasil pencapaian pada aspek kelayakan isi 86,11%, kelayakan penyajian 87,04%, dan kelayakan kebahasaan 89,29%. Rata-rata pencapaian kelayakan adalah 87,48% dan termasuk pada kategori sangat baik. Artinya bahan ajar yang dikembangakan telah memenuhi standar kualitas yang ditetapkan dan layak untuk digunakan.


Keywords


modul; statistik; PMR

Full Text:

PDF

References


Agustyaningrum, N & Yusnita, Y. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Struktur Aljabar Berbasis Pendekatan Deduktif Untuk Meningkatkan Hot Skill Mahasiswa Universitas Riau Kepulauan (Unrika) Batam. Jurnal Dimensi, 6(2), 184-195. Di unduh dari https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnaldms/article/view/1045/841

Bakker, Arthur. 2004. Design research in statistics education: On symbolizing and computer tools / A.Bakker – Utrecht: CD-β Press, Center for Science and Mathematics Education –(CD-β wetenschappelijke bibliotheek; nr. 50; 2004)

Gusmania, Y. dan T. P. (2010). Pengembangan Modul Geometri Analitik Bidang Berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Universitas Riau Kepulauan (UNRIKA). Jurnal Dimensi, 4(3), 1–11. Retrieved from http://journal.unrika.ac.id/index.php/jurnaldms/article/view/44/42

Kahle. D. 2014. Animating Statistics: A New Kind of Applet for Exploring Probability Distributions. Journal of Statistics Education Volume 22, Number 2.

Régnier, Jean C. & Kuznetsova, Ekaterina. (2014). Teaching of Statistics: Formation of Statistical Reasoning. Procedia social and behavioral sciences, 154, 99-103. http://ac.els-cdn.com/S1877042814055694/1-s2.0-S1877042814055694-main.pdf?_tid=182a2b3c-53b0-11e7-8a1b-00000aacb35d&acdnat=1497740324_3ebb06f72cddd24cff2b82b7999b075c

Widoyoko, E.P. (2014). Evaluasi program pembelajaran: panduan praktis bagi pendidik dan calon pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wijaya, Ariyadi. 2011. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu




DOI: https://doi.org/10.26486/jm.v3i1.583

Article Metrics

Abstract view : 208 times
PDF - 90 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Indexing by

 ipiii.pngDimensions

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.