Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Open-Ended untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah

Authors

  • Erdawati Nurdin Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Ridha Herlina Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Risnawati Risnawati Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Granita Granita Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.26486/jm.v4i1.500

Keywords:

Lembar Kerja Siswa, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Pendekatan Open Ended, Model Pengembangan 4D

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis pendekatan open ended dan mengetahui kelayakan produk LKS dari aspek kevalidan dan kepraktisan, serta untuk melihat kemampuan berpikir siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) setelah penggunaan LKS. LKS berbasis pendekatan open ended ini dikembangkan menggunakan model pengembangan 4D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS berbasis open ended ini valid dan praktis, serta mampu memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. LKS berbasis open ended ini dapat dijadikan sebagai bahan ajar bagi pembelajaran matematika sekolah.

References

Afisa, N, Sugiarti, T & Trapsilasiwi, D. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Bernuansa Kontekstual pada Sub Pokok Bahasan Kubus dan Balok untuk SMP Kelas VIII Semester Genap. Kadikma, 4(3), 109-118.

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Farrell, S. (2016). Open-Ended vs. Closed-Ended Question in User Research. Tersedia di : http://www.nngroup.com/articles/open-ended-questions/

Fitrianawati, M., & Hartono, H. (2016). Perbandingan keefektifan PBL berseting TGT dan GI ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kreatif dan toleransi. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 55-65. doi: http://dx.doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.9684

Happy, N dan Widjajanti. D.B. (2014). Keefektifan PBL ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis, serta Self-Esteem Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 48-57.

Hamzah, A & Muhlisrarini. (2014). Perencanan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Depok : PT. Raja Grafindo Persada.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.

IEA. (2016). TIMSS 2015 International Result in Mathematics. Retrieved from : http://timss2015.org/wp-content/uploads/filebase/full%20pdfs/T15-International-Results-in-Mathematics-Grade-4.pdf.

Kemendikbud. (2017). Konferensi Pers UN 2017 Jenjang SMP.

Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kosasih, U dan Mulyana, T. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Komunikasi Matematis Siswa SMP melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Open-Ended. Jurnal Sigma Didaktika, 1(1), 126-133.

Mahmudi, A. (2010). Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Prosiding Konferensi Nsional Matematika XV Unima, Manado.

Majid, A. (2012). Perencanaan Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.

Mulyatiningsih, E. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

OECD. (2016). PISA 2015 Result in Focus. Retrieved from http://www.pisa.oecd.org/.

Partnership for 21st Century Skills. (2008). 21st Century Skills Education & Competitiveness. Retrieved from : https://www.chaffey.edu/slo/cm_slo_toolbox/Curriculum%20and%20Student%20Learning%20Outcomes/21st_century_skills_education_and_competitiveness_guide.pdf.

Rahmawati, Y dan Harta, I. (2014). Keefektifan Pendekatan Open Ended dan CTL ditinjau dari Hasil Belajar Kognitif dan Afektif. Jurnl Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 113-126.

Rismaratri, D., & Nuryadi, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Dan Motivasi Belajar Matematika. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 5(2), 70-76.

Risnanosanti. (2011). The Effect of Mathematics Seft Efficacy Toward Mathematical Creative Thinking Ability of SMA Students in Bengkulu City. Proceeding of International Seminarand The Fourth National Conference on Mathematics Education, FPMIPA UNY, Yogyakarta, 21-23 Juli 2011, 847-856.

Sani, R. A. (2015). Pembelajaran Saintifik untuk Implemantasi Kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara.

Sariningsih, R dan Herdiman, I. (2017). Mengembangkan Kemampuan Penalaran Statistik dan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa melalui Pendekatan Open Ended. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 239-246. doi: http://dx.doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.16685.

Sukmadinata, N.S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sumarmo, U. (2013). Berpikir dan Disposisi Matematika serta Pembelajarannya. Kumpulan Makalah. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Suyanto. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo : Masmedia Buana Pustaka.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.

Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara.

Downloads

Published

2019-10-31

Issue

Section

Articles