Deskripsi kemampuan representasi matematis ditinjau dari peminatan jenjang pendidikan menengah mahasiswa program studi pendidikan matematika pada mata kuliah statistika deskriptif
DOI:
https://doi.org/10.26486/jm.v2i1.299Keywords:
Kualitatif, Kemampuan matematis, Purposive samplingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran kemampuan representasi matematis ditinjau dari peminatan saat jenjang pendidikan menengah mahasiswa semester I Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Jenis penelitian digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Prosedur penelitian ini meliputi tiga tahapan utama yaitu: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap analisis data. Pada tahap persiapan meliputi: (a) mempersiapkan soal tes kemampuan representasi matematis; (b) menentukan subyek penelitian, yaitu dengan cara purposive sampling, sehingga diperoleh 9 Mahasiswa, 3 mahasiswa dari jenjang SMA IPA, 3 mahasiswa dari jenjang SMA IPS, 3 mahasiswa dari jenjang SMK teknik untuk diwawancarai tentang kemampuan representasi matematisnya; dan (c) membuat pedoman wawancara. Tahap pelaksanaan meliputi: (a) mengambil data jenjang pendidikan menengah mahasiswa; (b) melaksanakan tes representasi matematis; dan (c) melaksanakan wawancara. Tahap analisis data meliputi: (a) tahapan reduksi data, (b) penyajian data, dan (c) penyimpulan data. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti melalui beberapa cara, yaitu: tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) mahasiswa dengan latar belakang SMA IPA mempunyai kemampuan representasi matematis, (b) mahasiswa dengan latar belakang SMA IPS belum memiliki kemampuan representasi matematis, dan (c) mahasiswa dengan latar belakang SMK sudah memiliki kemampuan representasi matematis, walaupun belum sempurna.
Â
References
Hwang, W., Chen, N., Dung, J., Educational, Y. Y.-J. of, & 2007, undefined. (2007). Multiple Representation Skills and Creativity Effects on Mathematical Problem Solving using a Multimedia Whiteboard System. Jstor, 10, 191–212. Retrieved from http://www.jstor.org/stable/jeductechsoci.10.2.191
Luitel, B. C. (2002). Representation of Mathematical learning: A short discourse. In 25th Conference Organised by Western Australian Science Education Association, Canning College., (November), 1999–2002.
Nurrakhmi, R. Z. F., & Lukito, A. (2014). MATHE dunesa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(3), 208–214. Retrieved from http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/12943/16729
Pawestri, E., & Sukoco, H. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa, 2(1), 69–76.
Reahanah. (2016). Efektifitas Model Pembelajaran Problem Solving Tipe Search Solve Create And Share (Sscs) Dan Cooperative Problem Solving (Cps) Ditinjau Dari Kemampuan Matematis Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pijar MIPA, XI(2), 1–22. https://doi.org/10.13040/IJPSR.0975-8232.6(2).688-91
Tipps, S., Johnson, A., & Kennedy, L. M. (2011). Guiding Children’s Learning of Mathematics. Cengage Learning. Retrieved from https://books.google.com.sg/books?id=LVDADyKMCasC
Widyastuti, R., & Nurhamida, F. (2017). Metode Discovery Learning Berbantuan Software Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Matematis Mahasiswa Politeknik Kediri Discovery Learning Method Through Geogebra Software To Improve Mathematical Thinking Ability Of Polytechnic Of Kediri Students, 2(1), 31–39.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors retain their rights of works reported in their papers and other parties should adhere to Creative Commons License linked below
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.