Identifikasi kesulitan mahasiswa dalam memecahkan masalah open ended materi nilai mutlak

Authors

DOI:

https://doi.org/10.26486/jm.v2i2.291

Keywords:

kesulitan, open ended, nilai mutlak, persamaan, pertidaksamaan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis dan faktor penyebab kesulitan mahasiswa dalam memecahkan masalah matematika berbasis open ended materi nilai mutlak berbentuk persamaan dan pertidaksamaan, serta memberikan saran untuk dosen. Subjek penelitian terdiri dari 138 mahasiswa PGSD UMSIDA pada matakuliah konsep dasar matematika tahun ajaran 2016-2017. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Instrumen penelitian terdiri dari Lembar Tes Pengetahun Nilai Mutlak dan pedoman wawancara. Berdasarkan data, jenis-jenis kesulitan mahasiswa meliputi tidak dapat sepenuhnya mengaplikasikan konsep jarak dan definisi nilai mutlak sehingga langkah penyelesaian tidak tuntas; mengalami misunderstanding syarat nilai mutlak; mengalami miskonsepsi berupa anggapan nilai mutlak selalu bernilai positif; mengalami kesulitan dalam hal konseptual, prosedural, dan algoritma. Faktor-faktor penyebab kesulitan diantaranya mahasiswa menghafal rumus dan teorema tanpa memahami konsep dasar jarak dan definisi nilai mutlak; mahasiswa terbiasa menggunakan rumus cepat sebagai bekal untuk masuk perguruan tinggi. Saran penelitian yakni dosen yang akan mengajarkan nilai mutlak harus menanamkan pentingnya konsep dasar dan melakukan pembiasaan pembelajaran konstruktivistik.

References

Amir, M. F. (2015). Analisis Kesalahan Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Dalam Menyelesaikan Soal Pertidaksamaan Linier. Jurnal Edukasi, 1(2).

Ciltas Alper and tatar Enver. (2011). Diagnosing Learning Difficulties Related to the Equation and Inequality that Contain Terms with Absolute Value. International Online Journal of Educational Sciences, 3(2), 461-473.

El-khateeb, M. (2016). Errors Analysis of Solving Linear Inequalities among the Preparatory Year Students at King Saud University. Journal of Education and Practice, 7(12), 124-133.

Nuryadi, & Nanang Khuzaini. (2016). Keefektifan Team’s Game Tournament Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Seyegan). Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 80–91. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26486/mercumatika.v1i2.252

Usman, Hasbi. M., dan Bambang R.M.S. (2015). Pemahaman Mahasiswa Calon Guru Matematika Dalam Menyelesaikan Masalah Ketaksamaan Nilai Mutlak. Jurnal Peluang, 3(2).

Priatna, D., & Sumartono, F. O. (2009). Analisis Kesulitan Mahasiswa Program D2 PGSD UPI Kampus Cibiru dalam Mata Kuliah Matematika. EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1).

Rosita, C. D. (2014). Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematis: Apa, Mengapa, Dan Bagaimana Ditingkatkan Pada Mahasiswa. Euclid, 1(1).

Setiana, D. S. (2016). Comparison of CTL Learning Method And Open-Ended Method Application In Terms of Learning Styles Viewed From The Students’ mathematics Learning Achievement And Interest. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 14–32. https://doi.org/10.26486/mercumatika.v1 i1.191

Widjajanti, D. B. (2009). Kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa calon guru matematika: apa dan bagaimana mengembangkannya. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2009. Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Downloads

Published

2017-12-05

Issue

Section

Articles