Kemampuan mahasiswa calon guru matematika dalam pemecahan masalah pembuktian teorema geometri

Titin Masfingatin, Wasilatul Murtafiah, Ika Krisdiana

Abstract


Pemecahan masalah sangat diperlukan baik dalam proses pembelajaran maupun dalam kehidupan. Pemecahan masalah membutuhkan suatu kemampuan berpikir tingkat tinggi. Khususnya dalam geometri pemecahan masalah yang sering dihadapkan adalah masalah pembuktian. Melalui pembuktian selain mengetahui kebenaran suatu teorema juga dapat mengasah kemampuan berpikir logis mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah pembuktian geometri oleh mahasiswa calon guru matematika Universitas PGRI Madiun. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 2 mahasiswa berkemampuan akademik tinggi dan rendah yang melakukan pembuktian teorema geometri berdasarkan langkah-langkah pemecahan masalah Polya. Hasil penelitian disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah pembuktian geometri mahasiswa berkemampuan tinggi dalam setiap tahap pemecahan masalah adalah mahasiswa mampu menentukan hipotesis dan kesimpulan dengan bahasa matematis sendiri, mengaitkan dan menggunakan definisi, postulat dan teorema yang telah dibuktikan sebelumnya untuk menyusun pembuktian yang logis disertai visualisasi. Mahasiswa berkemampuan tinggi mampu menyusun metode pembuktian yang berbeda dari yang telah dilakukan. Mahasiswa dengan kemampuan rendah belum mampu merumuskan kesimpulan dengan bahasa matematika sendiri dan belum mampu membuat hubungan antar definisi, postulat dan teorema sehingga belum mampu menyusun pembuktian yang logis. Mahasiswa dengan kemampuan rendah belum mampu menyusun pembuktian yang berbeda dari yang telah dilakukan. Berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah ditemukan factor yang sangat mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah mahasiswa yaitu kemandirian belajar (self regulated learning). 


Keywords


Pemecahan Masalah; Pembuktian Teorema; Geometri

Full Text:

PDF

References


Arvianto, Ilham Rais. 2017. Analisis Kesulitan Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Yang Berkaitan Dengan Jarak. Diunduh di: ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/3558 diunduh tanggal 5 Agustus 2017.

Haryono, D. 2014. Filsafat Matematika Suatu Tinjauan Epistemologi dan Filosofis. Bandung: Alfabeta

Hernadi. 2008. Metode Pembuktian dalam Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika,Volume 2, No. 1, Januari 2008

Kusuma, A. B., & Utami, A. (2017). Penggunaan Program Geogebra dan Casyopee dalam Pembelajaran Geometri Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Mercumatika, 1(2), 119–131. Retrieved from http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/mercumatika/article/view/259/233

NCTM. 2000.

Rich, B. 2004. Geometri Schaum’s Easy Outlines. Ed. Wibi Hardani. Jakarta: Erlangga

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta

Susanah & Hartono. 2004. Geometri. Surabaya: Unesa University Press

Sanjaya, T. M. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri SMP Yang Menunjang




DOI: https://doi.org/10.26486/jm.v2i2.272

Article Metrics

Abstract view : 82 times
PDF - 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Indexing by

Creative Commons License 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.