Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Instruction Dan Snowball Throwing Ditinjau Dari Hasil Beljar Matematika Siswa Kelas Viii Smpn 51 Batam

Authors

  • Ika Savira Putri
  • Nina Agustyaningrum

DOI:

https://doi.org/10.26486/mercumatika.v1i2.251

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) efektivitas model pembelajaran problem based instruction dan model snowball throwing ditinjau dari hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMPN 51 Batam; (2) apakah terdapat perbedaan efektivitas antara model pembelajaran problem based instruction dengan model snowball throwing ditinjau dari hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMPN 51 Batam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMPN 51 Batam tahun pelajaran 2015/2016. Sampel terdiri dari dua kelas yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data hasil belajar matematika yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t satu sampel dan independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan: (1) model pembelajaran problem based instruction dan snowball throwing masing-masing efektif ditinjau dari hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 51 Batam; (2) terdapat perbedaan efektivitas antara model pembelajaran problem based instruction dengan model pembelajaran snowball throwing ditinjau dari hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMPN 51 Batam.

Downloads

Published

2017-04-02

Issue

Section

Articles