Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Instruction Dan Snowball Throwing Ditinjau Dari Hasil Beljar Matematika Siswa Kelas Viii Smpn 51 Batam

Ika Savira Putri, Nina Agustyaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) efektivitas model pembelajaran problem based instruction dan model snowball throwing ditinjau dari hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMPN 51 Batam; (2) apakah terdapat perbedaan efektivitas antara model pembelajaran problem based instruction dengan model snowball throwing ditinjau dari hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMPN 51 Batam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMPN 51 Batam tahun pelajaran 2015/2016. Sampel terdiri dari dua kelas yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data hasil belajar matematika yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t satu sampel dan independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan: (1) model pembelajaran problem based instruction dan snowball throwing masing-masing efektif ditinjau dari hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 51 Batam; (2) terdapat perbedaan efektivitas antara model pembelajaran problem based instruction dengan model pembelajaran snowball throwing ditinjau dari hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMPN 51 Batam.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26486/mercumatika.v1i2.251

Article Metrics

Abstract view : 515 times
PDF - 793 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Indexing by

 ipiii.pngDimensions

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.