Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Pendidikan Matematika UPY Pada Mata Kuliah Teori Bilangan Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS)

siska candra ningsih

Abstract


Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa Pendidikan Matematika UPY pada mata kuliah Teori Bilangan. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Matematika, Universitas PGRI Yogyakarta pada mata kuliah Teori Bilangan. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran pada mata kuliah Teori Bilangan dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menelaah seluruh data yang tersedia baik data kualitatif maupun data kuantitatif.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Creative Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Yogyakarta pada mata kuliah Teori Bilangan. Hasil tes kemampuan pemecahan masalah mahasiswa sebelum tindakan adalah 43, 62 dengan ketuntasan belajar 28, 21% (kriteria rendah), setelah tindakan pada siklus I meningkat cukup signifikan menjadi 69, 97 untuk nilai rata-rata kelas dengan ketuntasan belajar 58, 97% (kriteria cukup). Pada siklus II meningkat lagi dengan nilai rata-rata kelas 77,36 dan ketuntasan belajar 76, 92% (kriteia tinggi).

Kata kunci : Kemampuan Pemecahan masalah, Creative Problem Solving.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26486/mercumatika.v1i2.212

Article Metrics

Abstract view : 434 times
PDF - 172 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Indexing by

 ipiii.pngDimensions

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.