Pengaruh Metode Pembelajaran Hands-minds on Activity terhadap Pemahaman Konsep Geometri Ditinjau dari Kemampuan Tilikan Ruang

Authors

  • Arni Yanita Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja
  • Sariyasa Sariyasa Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja
  • I Made Ardana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.26486/jm.v5i1.1256

Keywords:

Hands on minds on activity, kemampuan tilikan ruang, pemahaman konsep geometri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Hands on minds on Activity terhadap pemahaman konsep geometri ditinjau dari kemampuan tilikan ruang siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian 2x2 yang didukung oleh hasil observasi dan karya siswa. Subjek penelitian berjumlah 229 siswa dari seluruh siswa kelas XII akomodasi perhotelan SMK PGRI 5 Denpasar. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Data pemahaman konsep geometri dan kemampuan tilikan ruang siswa dik-umpulkan melalui tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis varians (ANAVA) dua jalur dengan bantuan SPSS 23.0 for Windows pada taraf signifikansi 5 % . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) metode pembelajaran hands on minds on activity lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional untuk meningkatkan pemahaman konsep geometri siswa, (2) ada interaksi antara metode pembelajaran hands on minds on activity dengan kemam-puan tilikan ruang terhadap pemahaman konsep geometri, (3) siswa yang mengikuti metode pembelajaran hands on minds on activity memiliki pemahaman konsep geometri yang lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional bagi siswa yang mempu-nyai kemampuan tilikan ruang tinggi, serta (4) siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional memiliki pemahaman konsep geometri lebih baik daripada siswa yang mengikuti metode pem-belajaran hands on minds on activity bagi siswa yang mempunyai kemampuan tilikan ruang ren-dah.

References

Abdurrahman, Mulyono. (1999). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmad, dkk. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Kooperatif Tipe Group Investigasi (GI) Pada Materi Peluang Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 3(10): 1048-1056.

Aini Khurrotul dan Kusumawati D. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dengan Hands on minds on Activity untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Termokimia. Jurnal Pendidikan Kimia. Vol. 3 (1), 99-105

Haury dan Rillero. (1994). Perspectives of Hands-On Science Teaching. Ohio: Educational Resources Information Center (ERIC)-The Ohio University.

Octavianti, I.N. (2016). Efektivitas Metode Hands on minds on Disertai Herbarium Pada Materi Keanekaragaman Hayati SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, Volume V, Nomor 1 Tahun 2016.

Suherman dan Turmudi, dkk . (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Indonesia.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif

Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Turmudi. (2009). Modul 4, Bangun-Bangun Geometri Di Bidang Datar. [Online]. Tersedia: http//file.upi.edu/Direktori/ [7 Oktober 2010]

Usiskin, Zalman. 1982. Van Hiele Levels and Achievements in Secondary School Geometry. Chicago : The University of Chicago

Wena, Made. (2012). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara

Yeni, Ety Mukhlesi. (2011). Pemanfaatan Benda-Benda Manipulatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri Dan Kemampuan Tilikan Ruang Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Makalah di seminarkan pada Seminar Nasional Matematika dan Terapan pada tanggal 28-29 November 2011 di Universitas

Almuslim, Bireun-Aceh. ISBN: 978602-17004-0-2.

Suyanto, S (2009). Keberhasilan sekolah dalam ujian nasional ditinjau dari organisasi belajar. Disertasi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Jakarta.

Pritchard, P.E. (1992). Studies on the bread-improving mechanism of fungal alpha-amylase. Journal of Biological Education, 26 (1), 14-17.

Downloads

Published

2020-10-31

Issue

Section

Articles