Komunikasi Matematika, Persepsi Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika, Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika

Authors

  • Septian Henry Riswandha Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sumardi Sumardi Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.26486/jm.v4i2.1208

Keywords:

komunikasi matematika, persepsi, kemandirian belajar, hasil belajar matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kontribusi kemampuan komunikasi matematik, persepsi siswa terhadap mata pelajaran matematika, dan kemandirian belajar siswa secara parsial maupun secara simultan terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan desain korelasional. Penelitian dilakukan di SMK Muhammadiyah Kartasura dengan sebanyak 115 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Mesin SMK Muhammadiyah Kartasura tahun pelajaran 2019/ 2020 yang terdiri dari 34 orang siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematik, persepsi siswa terhadap mata pelajaran matematika, dan kemandirian belajar siswa berpengaruh signifikan terhadap terhadap prestasi belajar matematika baik secara secara parsial maupun simultan. Kemampuan komunikasi matematis merupakan faktor yang memberikan kontribusi paling dominan di antara faktor-faktor kemampuan komunikasi matematik, persepsi siswa terhadap mata pelajaran matematika, dan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah Kartasura tahun pelajaran 2019/2020.

References

Arikunto, S. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Budiman, M.H. & Budi, U.L. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Bidik Misi Masa Registrasi 2016.1†Prosiding Temu Ilmiah Guru (Ting) VIII. Universitas Terbuka.

Budiyono. (2012). Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Djazuli, A. (2009). “Berpikir Kreatif dalam Kemampuan Komunikasi Matematika.†Prosiding Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika Jurusan Pend. Matematika FMIPA UNY.

Ghozali, I. (2010). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Undip.

Marsigit. (2008). Pedoman Khusus Pengembangan sistem penilaian Matematika SMP. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Mbunga, Z. K. (2012). â€Influence of Mathematical Language on Achievement in Mathematics by Secondary School Students in Kenya.†International Journal of Education and Information Studies Vol. 2, Number 1 (2012), pp. 1-7.

Mulyana, D. (2008). Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar. Bandung: Remaja. Rodaskarya.

Mulyono, A. (2010). Pendidikan Bagi Anak yang Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Mutodi, P. & Ngirande, H. (2014). “The Influence of Students` Perceptions on Mathematics Performance. A Case of a Selected High School in South Africa.†Mediterranean Journal of Social Sciences Vol. 5 No. 3, March 2104.

Nur, K & Kusmanto, B. (2016). “Hubungan Motivasi Belajar dan Persepsi Siswa Terhadap Pelajaran Matematika dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jetis.†UNION: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 4 No 3, November 2016

Nur’aeni, E. (2010). “Pengembangan Kemampuan Komunikasi Geometris Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Berbasis Teori Van Hiele.†Jurnal Saung Guru UPI: Vol. I No. 2 tahun 2010.

Nurjahayati & Edy. (2011). Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto. (2012). Evaluasi Hasil Belajar. Yoyakarta: Pustaka Pelajar.

Rifa’i, A & Catharina, T.A. (2012). Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES PRESS.

Saravani, S., Marziyeh, A., & Jenaabadi, H. (2017). “The Relationship of the Dimensions of Perceived Teaching Style with Students’ Mathematics Achievement and Self-Efficacy.†International Electronic Journal of Mathematics Education 7, Vol. 12, No. 2, 349-358.

Sarwono & Sarlito W. (2012). Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Raja Grafindo. Persada.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soedjadi, R. (2010). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia: Konstelasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2020-05-01

Issue

Section

Articles