Peranan Pengetahuan Matematika Wawasan terhadap Self-Efficacy Guru untuk Mengajar Matematika

Sugilar Sugilar

Abstract


Common mathematical knowledege(CMK), specialized mathematical knowledge (SMK), dan horizon mathematical knowledge(HMK) merupakan bagian dari komponen pengetahuan matematika untuk mengajar yang perlu dikuasai oleh guru untuk mengajar matematika secara efektif. Di lain pihak, self-efficacy for teaching mathematics(SETM) guru merupakan karakteristik guru yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis hubungan CMK, SMK, HMK, dan SETM pada guru dalam mengajar matematika di sekolah dasar. Subyek penelitian ialah guru-guru yang mengajar matematika pada kelas 5 atau 6 di provinsi Jambi yang mengikuti pelatihan pengayaan matematika yang diselenggarakan oleh Universitas Terbuka. Para guru tersebut diberikan tes mengenai CMK, SMK, dan HMK untuk mengajar pembagian bilangan pecahan dan mengisi kuesioner SETM. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan PLS-SEM untuk mendapatkan model struktural hubungan variabel yang diteliti. Penelitian menyimpulkan bahwa (1) HMK berefek positif tefhadap SETM, (2) HMK juga berefek positif terhadap CMK dan SMK, dan (3) CMK dan SMK tidak memiliki efek positif terhadap SETM. 


Keywords


Self-efficacy for teaching mathematics; horizon mathematical knowledge; common mathematical knowledge; specialized mathematical knowledge

References


Asyraf, A. (2013). A Comparison of Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) and Covariance Based Structural Equation Modeling (CB-SEM) for Confirmatory Factor Analysis. International Journal of Engineering Sciences and Innovative Technology, 2(5), 198-205.

Atmotiyoso, P., Huda, M. (2018). Investigating Factors Influencing Mathematics Teaching Performance: An Empirical Study. International Journal of Instruction 11(3), 391-402.

Ball, D. L., & Bass, H. (2003). Toward a practice-based theory of mathematics knowledge for teaching. In B. Davis & E. Simmt (Eds.), Proceedings of the 2002 Annual Meeting of the Canadian Mathematics Education Study Group (pp. 3-14). Edmonton: AB:CMESG/GCEDM.

Ball, D. L., Bass, H., Sleep, L., & Thames, M. (2005). A theory of mathematical knowledge for teaching. Paper presented at the The Fifteenth ICMI Study: The Professional Education and Development of Teachers of Mathematics, 15-21 May 2005, State University of Sao Paolo at Rio Claro, Brazil.

Cetinkaya, B., & Erbas, A. K. (2011). Psychometric properties of the Turkish adaptation of the mathematics teacher efficacy belief instrument for in-service teachers. The Spanish Journal of Psychology, 14, 956 – 966. doi: 10.5209/rev_SJOP.2011.v14.n2.41.

Enochs, L. G., Smith, P. L., & Huinker, D. (2000). Establishing factorial validity of the Mathematics Teaching Efficacy Beliefs Instrument. School Science and Mathematics, 100, 194 – 202. doi: 10.1111/j.1949-8594.2000.tb17256.x.

Hair, J.F., Hult, G.T.M., Ringle, C.M., & Sarstedt. (2017). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). 2nd Edition. Thousand Oaks: Sage.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Ikhtisar data pendidikan dan kebudayaan. Retrieved from: http://publikasi.data.kemdikbud.go.id/uploadDir/isi_4B619F17-97F5-4B93-BB0B-7F83B5512B0B_.pdf.

Pendergast, D., Garvis, S., & Keogh, J. (2011). Pre-service student-teacher self-efficacy beliefs: An insight into the making of teachers. Australian Journal of Teacher Education, 36, 46–57.

Plourde, Lee A. (2002). The Influence of Student Teaching on Preservice Elementary Teachers Science Self-Efficacy and Outcome Expectancy Beliefs. [Abstract]. Journal of Instructional Psychology; 29(4), 245.

Ringle, C. M., Wende, S., and Becker, J.-M. 2015. SmartPLS 3. Boenningstedt: SmartPLS GmbH, http://www.smartpls.com.

Shadiq, F. (2013). Peran penting guru matematika dalam mencerdaskan siswanya. ARTIKEL, PENDIDIKAN, http://p4tkmatematika.org/2013/04/peran-penting-guru-matematika-dalam-mencerdaskan-siswanya/.

Sugilar & Tarhadi. (2014). Identifikasi pengetahuan matematika untuk mengajar pembagian bilangan pecahan di sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Matematika Pendidikan Matematika, Universitas Sanatha Dharma, Yogyarta. Pp. 543-553.

Sugilar. (2015). Analisis isi kandungan pengetahuan matematika untuk mengajar pembagian bilangan pecahan dalam bahan ajar Program Pendidikan S-1 Guru SD di Universitas Terbuka. Paper presented at Semnas Mat-PMat STKIP PGRI Sumatera Barat 2015, Kota Padang, Sumatera Barat, Indonesia.

Suyanto. (2013). Guru dalam pembelajaran. Kompas, 1/04/2013. Retrieved from: http://regional.kompas.com/read/2013/04/01/02225375/twitter.com

Vazquez, J.L. (2000). The importance of mathematics in the development of science and technology. Retrieved from: http://verso.mat.uam.es/~juanluis.vazquez/reptmath.pdf.

World Bank. (1989). Basic education study. Washington, D.C.: World Bank.

Zee, M., & Koomen, H.M.Y. (2016). Teacher Self-Efficacy and Its Effects on Classroom Processes, Student Academic Adjustment, and Teacher Well-Being: A Synthesis of 40 Years of Research. Review of Educational Research, 86(4), pp. 981–1015.




DOI: https://doi.org/10.26486/jm.v4i2.1167

Article Metrics

Abstract view : 31 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by

 ipiii.pngDimensions

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.