Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Produk Budaya Jawa Tengah

Syafarina Nadhilah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kebutuhan untuk mengembangkan sebuah bahan ajar yang diperlukan di sekolah yaitu e-modul berbasis etnomatematika dengan mengintegrasikan produk budaya di Jawa Tengah untuk siswa SMP. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang berorientasi pada pengembangan suatu produk. Subjek pada penelitian ini yaitu seorang guru mata pelajaran matematika SMP Negeri 4 Purworejo untuk kelas VII. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Analysis Interactive Miles-Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini diperoleh beberapa hasil yaitu kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013, bahan ajar yang digunakan adalah buku paket. Keberadaan buku paket ternyata memunculkan masalah bagi siswa. Siswa masih merasa kesulitan dengan adanya masalah-masalah abstrak di buku paket yang harus diselesaikan oleh siswa dan tingkatnya terlalu tinggi untuk siswa sehingga sulit untuk dipahami. Model pembelajaran yang digunakan belum berbasis etnomatematika dan penggunaan media elektronik dalam pembelajaran belum digunakan. Sementara itu, untuk materi segiempat dapat disusun dengan menerapkan etnomatematika ke dalamnya. Budaya yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah produk budaya Jawa Tengah. Hasil studi literatur dan studi lapangan menunjukkan bahwa perlu dikembangkan bahan ajar e-modul berbasis etnomatematika produk budaya Jawa Tengah.


Keywords


Analisis Kebutuhan, Etnomatematika, Budaya Jawa Tengah

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, S., Keshavarzi, A., & Foroutan, M. (2011). The Application of Information and Communication Technologies (ICT) and its Relationship with Improvement in Teaching and Learning. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 28, 475-480.

Anderson, Ronald H. 1987. Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran. Jakarta.

Arisetyawan, Andika, dkk. 2014. Study of Ethnomathematics: A lesson from the Baduy Culture. International Journal of Education and Research, Vol. 2 No. 10 October 2014.

Astuti, E. P. & Purwoko, R. Y. 2017. “Integrating Ethnomathematics in Mathematical Learning Design for Elementary Schools”. ICRIEMS Proceedings, ISBN 978-602-74529-2-3.

Chalkiadaki, Areti. 2018. A Systematic Literature Review of 21st Century Skill and Competencies in Primary Education. International Journal of Instruction, Vol. 11 No. 3.

Dimopoulus, Dimitrios. I. 2009. Planning Educational Activieties and Teaching Stategies On Constructing A Conservation Educational Module. International Journal of Environmental & Science Education, Vol. 4 No. 4.

D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its Place in The History and Pedagogy of Mathematics. For the Learning of Mathematics. Volume 5, Nomor 1, Halaman 45.

Ghavifekr, S., Athirah, W., & Rosdy, W. 2015. Teaching and Learning with Technology: Effectiveness of ICT Integration in School. International Journal of Research in Education and Scince (IJRES) International Journal of Research in Education and Science E, 1(2), 175-191.

Hariastuti. 2017. The Mangosteene Guess Game: A Mathematics Learning Inovation Based On Ethnomathematics. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 2 No. 1.

Miles M. B dan Huberman A. M. 2007. Analisis Data Kualitatif, terj. Tjetjep Rohendi Rihidi. Jakarta: UI Press.

Moleong, Lexy. J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Orey, D. C. and Rosa. M. 2006. Ethnomathematics: Cultural Assertions and Challenges Towards Pedagogical Action. The Journal of Mathematics and Culture. Page 57-78.

Partnership for 21st Century Learning. (2007). Framework for 21st century learning. Retrieved from http://www.p21.org/

Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rizkianto, Ilham dan Santosa, R. H. 2017. Analisis Buku Matematika Siswa SMP Kurikulum 2013. Jurnal “Mosharafa”. Volume 6, Nomor 2, Mei 2017, Halaman 229-236.

T. Wakiman. 2001. Buku Pegangan Kuliah Alat Peraga Pendidikan Matematika I. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.

Wahyuni, A. & Pratiwi, S. 2017. Etnomatematika dalam Ragam Hias Melayu. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 3, Nomor 2.




DOI: https://doi.org/10.26486/jm.v4i2.1165

Article Metrics

Abstract view : 40 times
PDF - 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by

 ipiii.pngDimensions

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.