Dampak Grapevine Communication Terhadap Penurunan Kuantitas Anggota HIMAKSI FISIP Universitas Mulawarman

Authors

  • Kheyene molekandella
  • Muhammad Reza Vieri Pratama Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.26486/ilkom.v1i2.3293

Keywords:

Grapevine Communication, Gosip, Komunikasi Informal, Komunikasi Organisasi, Rumor

Abstract

Penurunan kuantitas di sebuah organisasi sangat umum terjadi dalam prosesnya, tetapi faktor penurunan kuantitas sebuah organisasi atau perusahaan tanpa sadar disebabkan oleh gosip atau rumor yang berasal di internal maupun eksternal. Hadirnya gosip pada jaringan komunikasi informal atau biasa disebut grapevine communication di HIMAKSI merupakan salah satu faktor penurunan kuantitas yang masih kurang perhatian dari sebuah organisasi. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian untuk mengetahui, menganalisis, dan mendeskripsikan dampak grapevine communication terhadap penurunan kuantitas anggota HIMAKSI FISIP UNMUL pada periode 2018-2019sampai 2020-2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan indikator grapevine communication di antaranya putusnya komunikasi formal, ketidakpastian, pentingnya informasi, dan ambiguitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa grapevine communication terjadi di HIMAKSI pada tiga periode. Penurunan kuantitas anggota yang disebabkan oleh grapevine communication hanya terjadi terjadi pada periode 2018-2019. Tetapi selama prosesnya grapevine communication berdampak pada penurunan kuantitas pengurus pada ketiga periode tersebut.

References

Awaru, Tenri & Fitria, Novi & Ainun, Nur & Khairunisha, Maulida & Husnia. (2019). KOMUNIKASI ORGANISASI. https://www.researchgate.net/publication/330383284_KOMUNIKASI_ORGANISASI

Crampton, S. M., Hodge, J. W., & Mishra, J. M. (1998). The informal communication network: Factors influencing grapevine activity. Public Personnel Management, 27(4), 569-584. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=6Tv4X08AAAAJ&citation_for_view=6Tv4X08AAAAJ:WF5omc3nYNoC

Robinson, K. L., & Thelen, P. D. (2018). What makes the grapevine so effective? An employee perspective on employee-organization communication and peer-to-peer communication. Public Relations Journal. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=Y9X8E-0AAAAJ&citation_for_view=Y9X8E-0AAAAJ:d1gkVwhDpl0C

Srivastava, D., Purohit, D., & Raj, A. (2021). Grapevine communication. https://www.researchgate.net/publication/351911890_Grapevine_communication

Grosser, T., Kidwell, V., & Labianca, G. J. (2012). Hearing it through the grapevine: Positive and negative workplace gossip. Organizational Dynamics, 41, 52-61. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=WfczCCAAAAAJ&citation_for_view=WfczCCAAAAAJ:u-x6o8ySG0sC

Sethi, D., & Seth, M. (2016). Can Organizational Grapevine be Beneficial? An Exploratory Study in Indian Context. https://www.researchgate.net/publication/301814776_CAN_ORGANIZATIONAL_GRAPEVINE_BE_BENEFICIAL_AN_EXPLORATORY_STUDY_IN_INDIAN_CONTEXT

Ellwardt, L., Labianca, G. J., & Wittek, R. (2012). Who are the objects of positive and negative gossip at work?: A social network perspective on workplace gossip. Social Networks, 34(2), 193-205. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=o_fMo3UAAAAJ&citation_for_view=o_fMo3UAAAAJ:u-x6o8ySG0sC

Aschale, A. (2013). Review of the Grapevine Communication. https://www.researchgate.net/publication/317044636_Review_of_the_Grapevine_Communication

Kumar, S. (2013). Grapevine Communication (Informal Business Communication). https://id.scribd.com/document/45125436/Grapevine-Communication#

Prayoga, P. (2015). Karakteristik Informasi Grapevine dalam Penyebaran Budaya Organisasi di Total Life Clinic Surabaya. Jurnal e-Komunikasi, 3(2). https://www.neliti.com/publications/77056/karakteristik-informasi-grapevine-dalam-penyebaran-budaya-organisasi-di-total-li

Musfialdy, M. (2012). Organisasi dan Komunikasi Organisasi. Kutubkhanah, 15(1), 83-93. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Kutubkhanah/article/view/255

Cahyadi, N. K. (2017). Hubungan Iklim Komunikasi Organisasi dengan Loyalitas Karyawan di Softel Bali Nusa Dua Beach Resort. https://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/6175

Wardhani, W. M., & Listiani, E. (2015). Manajemen Komunikasi Grapevine di PT Jasa Raharja. Prosiding Manajemen Komunikasi, 97-105. https://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/2069

Buku:

Fine, G. A., & Ellis, B. (2013). The global grapevine: Why rumors of terrorism, immigration, and trade matter. Oxford University Press.

Turner, P. A. (1993). I heard it through the grapevine: Rumor in African-American culture. University of California Press.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D

.

Published

2023-06-30

Issue

Section

Artikel