Dampak Grapevine Communication Terhadap Penurunan Kuantitas Anggota HIMAKSI FISIP Universitas Mulawarman
DOI:
https://doi.org/10.26486/ilkom.v1i2.3293Keywords:
Grapevine Communication, Gosip, Komunikasi Informal, Komunikasi Organisasi, RumorAbstract
Penurunan kuantitas di sebuah organisasi sangat umum terjadi dalam prosesnya, tetapi faktor penurunan kuantitas sebuah organisasi atau perusahaan tanpa sadar disebabkan oleh gosip atau rumor yang berasal di internal maupun eksternal. Hadirnya gosip pada jaringan komunikasi informal atau biasa disebut grapevine communication di HIMAKSI merupakan salah satu faktor penurunan kuantitas yang masih kurang perhatian dari sebuah organisasi. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian untuk mengetahui, menganalisis, dan mendeskripsikan dampak grapevine communication terhadap penurunan kuantitas anggota HIMAKSI FISIP UNMUL pada periode 2018-2019sampai 2020-2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan indikator grapevine communication di antaranya putusnya komunikasi formal, ketidakpastian, pentingnya informasi, dan ambiguitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa grapevine communication terjadi di HIMAKSI pada tiga periode. Penurunan kuantitas anggota yang disebabkan oleh grapevine communication hanya terjadi terjadi pada periode 2018-2019. Tetapi selama prosesnya grapevine communication berdampak pada penurunan kuantitas pengurus pada ketiga periode tersebut.
References
Awaru, Tenri & Fitria, Novi & Ainun, Nur & Khairunisha, Maulida & Husnia. (2019). KOMUNIKASI ORGANISASI. https://www.researchgate.net/publication/330383284_KOMUNIKASI_ORGANISASI
Crampton, S. M., Hodge, J. W., & Mishra, J. M. (1998). The informal communication network: Factors influencing grapevine activity. Public Personnel Management, 27(4), 569-584. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=6Tv4X08AAAAJ&citation_for_view=6Tv4X08AAAAJ:WF5omc3nYNoC
Robinson, K. L., & Thelen, P. D. (2018). What makes the grapevine so effective? An employee perspective on employee-organization communication and peer-to-peer communication. Public Relations Journal. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=Y9X8E-0AAAAJ&citation_for_view=Y9X8E-0AAAAJ:d1gkVwhDpl0C
Srivastava, D., Purohit, D., & Raj, A. (2021). Grapevine communication. https://www.researchgate.net/publication/351911890_Grapevine_communication
Grosser, T., Kidwell, V., & Labianca, G. J. (2012). Hearing it through the grapevine: Positive and negative workplace gossip. Organizational Dynamics, 41, 52-61. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=WfczCCAAAAAJ&citation_for_view=WfczCCAAAAAJ:u-x6o8ySG0sC
Sethi, D., & Seth, M. (2016). Can Organizational Grapevine be Beneficial? An Exploratory Study in Indian Context. https://www.researchgate.net/publication/301814776_CAN_ORGANIZATIONAL_GRAPEVINE_BE_BENEFICIAL_AN_EXPLORATORY_STUDY_IN_INDIAN_CONTEXT
Ellwardt, L., Labianca, G. J., & Wittek, R. (2012). Who are the objects of positive and negative gossip at work?: A social network perspective on workplace gossip. Social Networks, 34(2), 193-205. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=o_fMo3UAAAAJ&citation_for_view=o_fMo3UAAAAJ:u-x6o8ySG0sC
Aschale, A. (2013). Review of the Grapevine Communication. https://www.researchgate.net/publication/317044636_Review_of_the_Grapevine_Communication
Kumar, S. (2013). Grapevine Communication (Informal Business Communication). https://id.scribd.com/document/45125436/Grapevine-Communication#
Prayoga, P. (2015). Karakteristik Informasi Grapevine dalam Penyebaran Budaya Organisasi di Total Life Clinic Surabaya. Jurnal e-Komunikasi, 3(2). https://www.neliti.com/publications/77056/karakteristik-informasi-grapevine-dalam-penyebaran-budaya-organisasi-di-total-li
Musfialdy, M. (2012). Organisasi dan Komunikasi Organisasi. Kutubkhanah, 15(1), 83-93. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Kutubkhanah/article/view/255
Cahyadi, N. K. (2017). Hubungan Iklim Komunikasi Organisasi dengan Loyalitas Karyawan di Softel Bali Nusa Dua Beach Resort. https://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/6175
Wardhani, W. M., & Listiani, E. (2015). Manajemen Komunikasi Grapevine di PT Jasa Raharja. Prosiding Manajemen Komunikasi, 97-105. https://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/2069
Buku:
Fine, G. A., & Ellis, B. (2013). The global grapevine: Why rumors of terrorism, immigration, and trade matter. Oxford University Press.
Turner, P. A. (1993). I heard it through the grapevine: Rumor in African-American culture. University of California Press.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D
.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Literasi: Jurnal Ilmu Komunikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to Literasi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Â
Literasi: Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.