PENGARUH BELANJA MODAL DAN PENDAPATAN ASLI DAERAH TERHADAP INVESTASI SWASTA DI INDONESIA DENGAN PERTUMBUHAN EKONOMI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Prima Rosita Arini, Manggar Wulan Kusuma

Abstract


Pertumbuhan ekonomi merupakan masalah perekonomian suatu negara dalam jangka panjang, karena merupakan ukuran utama keberhasilan pembangunan dan hasilnya akan dapat dinikmati masyarakat sampai di lapisan paling bawah. Investasi swasta merupakan faktor penting untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan untuk meningkatkan investasi swasta diperlukan peran belanja modal dan Pendapatan Asli Daerah. Apabila nilai PAD suatu daerah meningkat maka dapat dikatakan bahwa tingkat kesejahteraan masyarakat di daerah tersebut juga tinggi. Jika tingkat kesejahteraan masyarakat suatu daerah tinggi maka kecenderungan yang ada adalah tingginya tingkat konsumsi masyarakat di daerah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat hubungan yang signifikan antara belanja modal, investasi swasta, PAD, dan pertumbuhan ekonomi. Objek penelitian ini adalah seluruh provinsi yang ada di Indonesia kecuali Kalimantan Utara karena baru diresmikan menjadi provinsi di Indonesia pada tahun 2012.  Penelitian ini menggunakan data keuangan daerah dan data investasi swasta di seluruh provinsi di Indonesia dari tahun 2010-2016. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Partial Least Square (PLS).  Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan yang terjadi antara belanja modal dan investasi swasta adalah hubungan yang positif dan signifikan, hubungan yang terjadi antara PAD dan investasi swasta menunjukkan hubungan yang positif dan signifikan. Pengujian hubungan yang terjadi antara belanja modal dan pertumbuhan ekonomi memiliki hasil negatif dan tidak signifikan. Hubungan yang terjadi antara PAD dan pertumbuhan ekonomi adalah positif dan signifikan, dan begitu pula untuk hubungan antara pertumbuhan ekonomi dan investasi swasta.

Keywords


belanja modal; pertumbuhan ekonomi; PAD; investasi swasta

Full Text:

PDF

References


Badrudin, Rudy. (2012). Ekonomika Otonomi Daerah. Yogyakarta: UPP STIM YKPN. Yogyakarta.

Erden Lutfi and Holcombe Randall G. 2005. The Effects of Public Investment On Private Investment In Developing Countries. Public Finance Review. 33: 575-602.

Ernita, Dewi, Syamsul Amar, dan Efrizal Syofyan. 2013. Analisis Pertumbuhan Ekonomi, Investasi, dan Konsumsi Di Indonesia. Jurnal Kajian Ekonomi. 1: 176-193.

Halim, A. 2007. Akuntansi Sektor Publik Akuntansi keuangan daerah. Edisi Revisi. Salemba Empat. Jakarta

Harianto. 2007. Akuntansi Sektor Publik. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

Hjerppe, Reino, Pellervo Hamalainen, Jaakko Kiander, and Matti Viren. 2007. Do government expenditures increase private sector productivity? Cross-country evidence. International Journal of Social Economics. 34:345-360.

Saraswati, Ida Ayu, I Wayan Ramantha. 2018. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah Terhadap Pertrumbuhan Ekonomi Dengan Belanja Modal dan Investasi Swasta Sebagai Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. 24 (1)

Peraturan Presiden Nomor 42 Tahun 2005 tentang Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur.

Rori, Chindy Febri, Antonius Y. Luntungan, Audie O Niode. 2016. Analysis Of The Influence of Local Own Revenue to Economic Growth In the Province of North Sulawesi In 2010-2013. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. 16 (02).

Saragih, Juli Panglima. 2003. Desentralisasi Fiskal dan Keuangan Daerah dalam Otonomi. Cetakan Pertama. Penerbit Ghalia Indonesia: Jakarta.

Sutawijaya, Adrian and Zulfahmi. 2013. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Investasi Swasta di Indonesia. Trikonomika. 12: 32-39.

Tambunan, Tulus. 2006. Upaya-upaya Meningkatkan Daya Saing Daerah. Diakses dari http://www.kadin-indonesia.or.id.

Undang-Undang No. 33 Tahun 2004 Tentang Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal.

Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.

Wahyuningsih, Tri. 2012. Dampak Investasi Pemerintah dan Investasi Swasta Terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat di Provinsi Maluku. Jurnal IQTISHODUNA. 8: 1-24.

Wang, Baotai. 2005. Effects of Government Expenditure on Private Investment: Canadian Empirical Evidence. Canada. Empirical Economics. 30: 493-504

[http://bkpm.go.id]. Diakses 24 Mei 2017

[http://bps.go.id]. Diakses 31 Mei 2017




DOI: https://doi.org/10.26486/jramb.v5i1.611

Article Metrics

Abstract view : 32 times
PDF - 102 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

JRAMB : Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana Indexed by

Google ScholarCrossref logo Creative Commons License ipiii.pngDimensions

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.