PENGARUH KOMPENSASI KARYAWAN DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KECENDERUNGAN KECURANGAN PERBANKAN

Benedicta Dibyopranoto, Muhammad Nuryanto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh kompensasi karyawan terhadap kecenderungan kecurangan pada perusahaan perbankan dan pengaruh kepuasan kerja terhadap kecenderungan kecurangan pada perusahaan perbankan. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kompensasi karyawan, kepuasan kerja, dan kecenderungan kecurangan perbankan, dimana data yang dikumpulkan merupakan data primer dan diperoleh dari penyebaran kuesioner. Penelitian ini menggunakan sampel berjumlah 100 orang individu yang merupakan individu-individu yang bekerja di perusahaan perbankan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara kompensasi karyawan terhadap kecenderungan kecurangan pada perusahaan perbankan (2) terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara kepuasan kerja terhadap kecenderungan kecurangan pada perusahaan perbankan. Variabel independen dapat menjelaskan sebaan variabel dependen sebesar 49,2% sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor lain yang tidak terdapat dalam penelitian. Implikasi dari penelitian ini bagi perusahaan perbankan adalah perusahaan perbankan dapat meningkatkan kompensasi karyawan dan kepuasan kerja untuk mengurangi kecenderungan kecurangan pada perusahaan perbankan. Bagi peneliti selanjutnya agar dapat menambah jumlah sample dan jumlah variabel independen.


Keywords


Kecurangan Perbankan, Kompensasi Karyawan, Kepuasan Kerja

Full Text:

PDF

References


As'ad, M. 2001. Psikologi Industri. Yogyakarta: Liberty.

Bartenputra, (2016) “Pengaruh Kesesuaian Kompensasi, Ketaatan Akuntansi dan Asimetri Informasi Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi”. Jurnal Akuntansi. Vol 4 No: 2.

Bergmann, Thomas J. dan Scarpello, Vida Gulbinas. 2001. Compensation Decision Making. California: Harcout College Publisher.

Bernstein, D. A., & Nash, P. W. 2008. Essentials of Psychology 4th edition. New. York: Houbhton Mifflin Company

Damiano Fiorillo, Nunzia Nappo, (2014) "Job satisfaction in Italy: individual characteristics and social relations". International Journal of Social Economics. Vol. 41 Issue: 8, Halaman 683-704.

Davis, Gordon B. 2004. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Gramedia.

Dessler, Gary. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Indeks.

Garner, B.A. 2004. Black’s Law Dictionary, 8th ed..ThomsonWest Group. St Paul,MN.

Hasibuan, Malayu S.P. 2009. Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara

Hardanto, Sulad Sri. 2006. Manajemen Risiko Bagi Bank Umum.Jakarta: Elex Media Komputindo PT.

Hoffmann, Arvid O.I. , Cornelia Birnbrich. 2012. "The impact of fraud prevention on bank‐customer relationships: An empirical investigation in retail banking". International Journal of Bank Marketing. Vol. 30 Issue: 5, Halaman 390-407.

Hongming Cheng, Ling Ma, (2009) "White collar crime and the criminal justice system: Government response to bank fraud and corruption in China", Journal of Financial Crime, Vol. 16 Issue: 2

Hulin, C. L dan Judge, T. A. 1993.” Job Satisfaction as a Reflection of Disposition: A Multiple-source Causal Analysis”. Organizational Behavior and Human Decision Process Journal. 56, 388-421.

Notoatmodjo, Soekidjo. 1998. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Pauline W.J. van Esterik-Plasmeijer, dan W. Fred van Raaij. 2017. "Banking system trust, bank trust, and bank loyalty". International Journal of Bank Marketing. Vol. 35 Issue: 1, Halaman 97-111.

Prasetya. (2014), “Pengaruh Kompensasi Terhadap Fraud dengan Kepuasan Kerja sebagai Variable Intervening”. Universitas Negeri Yogyakarta.

Werther, J. and Davis, K. 1996. Human Resources and Personnel Management 5th Edition. New York: McGraw-Hill.

Rivai, V. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Sastrohadiwiryo, B. Siswanto. 2003. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia, edisi 2. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Veithzal, Rivai. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.26486/jramb.v4i2.590

Article Metrics

Abstract view : 141 times
PDF - 198 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

JRAMB : Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana Indexed by

Google ScholarCrossref logo Creative Commons License ipiii.pngDimensions

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.