PENGARUH KOMPENSASI KARYAWAN DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KECENDERUNGAN KECURANGAN PERBANKAN
DOI:
https://doi.org/10.26486/jramb.v4i2.590Keywords:
Kecurangan Perbankan, Kompensasi Karyawan, Kepuasan KerjaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh kompensasi karyawan terhadap kecenderungan kecurangan pada perusahaan perbankan dan pengaruh kepuasan kerja terhadap kecenderungan kecurangan pada perusahaan perbankan. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kompensasi karyawan, kepuasan kerja, dan kecenderungan kecurangan perbankan, dimana data yang dikumpulkan merupakan data primer dan diperoleh dari penyebaran kuesioner. Penelitian ini menggunakan sampel berjumlah 100 orang individu yang merupakan individu-individu yang bekerja di perusahaan perbankan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara kompensasi karyawan terhadap kecenderungan kecurangan pada perusahaan perbankan (2) terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara kepuasan kerja terhadap kecenderungan kecurangan pada perusahaan perbankan. Variabel independen dapat menjelaskan sebaan variabel dependen sebesar 49,2% sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor lain yang tidak terdapat dalam penelitian. Implikasi dari penelitian ini bagi perusahaan perbankan adalah perusahaan perbankan dapat meningkatkan kompensasi karyawan dan kepuasan kerja untuk mengurangi kecenderungan kecurangan pada perusahaan perbankan. Bagi peneliti selanjutnya agar dapat menambah jumlah sample dan jumlah variabel independen.
References
As'ad, M. 2001. Psikologi Industri. Yogyakarta: Liberty.
Bartenputra, (2016) “Pengaruh Kesesuaian Kompensasi, Ketaatan Akuntansi dan Asimetri Informasi Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansiâ€. Jurnal Akuntansi. Vol 4 No: 2.
Bergmann, Thomas J. dan Scarpello, Vida Gulbinas. 2001. Compensation Decision Making. California: Harcout College Publisher.
Bernstein, D. A., & Nash, P. W. 2008. Essentials of Psychology 4th edition. New. York: Houbhton Mifflin Company
Damiano Fiorillo, Nunzia Nappo, (2014) "Job satisfaction in Italy: individual characteristics and social relations". International Journal of Social Economics. Vol. 41 Issue: 8, Halaman 683-704.
Davis, Gordon B. 2004. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Gramedia.
Dessler, Gary. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Indeks.
Garner, B.A. 2004. Black’s Law Dictionary, 8th ed..ThomsonWest Group. St Paul,MN.
Hasibuan, Malayu S.P. 2009. Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara
Hardanto, Sulad Sri. 2006. Manajemen Risiko Bagi Bank Umum.Jakarta: Elex Media Komputindo PT.
Hoffmann, Arvid O.I. , Cornelia Birnbrich. 2012. "The impact of fraud prevention on bankâ€customer relationships: An empirical investigation in retail banking". International Journal of Bank Marketing. Vol. 30 Issue: 5, Halaman 390-407.
Hongming Cheng, Ling Ma, (2009) "White collar crime and the criminal justice system: Government response to bank fraud and corruption in China", Journal of Financial Crime, Vol. 16 Issue: 2
Hulin, C. L dan Judge, T. A. 1993.†Job Satisfaction as a Reflection of Disposition: A Multiple-source Causal Analysisâ€. Organizational Behavior and Human Decision Process Journal. 56, 388-421.
Notoatmodjo, Soekidjo. 1998. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Pauline W.J. van Esterik-Plasmeijer, dan W. Fred van Raaij. 2017. "Banking system trust, bank trust, and bank loyalty". International Journal of Bank Marketing. Vol. 35 Issue: 1, Halaman 97-111.
Prasetya. (2014), “Pengaruh Kompensasi Terhadap Fraud dengan Kepuasan Kerja sebagai Variable Interveningâ€. Universitas Negeri Yogyakarta.
Werther, J. and Davis, K. 1996. Human Resources and Personnel Management 5th Edition. New York: McGraw-Hill.
Rivai, V. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Sastrohadiwiryo, B. Siswanto. 2003. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia, edisi 2. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Veithzal, Rivai. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with (JRAMB) Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the JRAMB right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JRAMB. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JRAMB.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).