Penerapan Akuntansi Lingkungan dan Sosial Pada Rumah Sakit Umum Daerah Sele Be Solu Kota Sorong Papua Barat

Authors

  • Rahmiyanti Maruapey Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.26486/jramb.v8i2.3069

Keywords:

Akuntansi Lingkungan dan Sosial, Pengolahan Limbah

Abstract

Dalam data Direktorat Jendral Kesehatan Masyarakat Tahun 2020 Provinsi Papua Barat menduduki peringkat bawah  dimana hanya ada beberapa rumah sakit yang memiliki ijin pengolahan limbah yang sesuai, pengolahan limbah medis sendiri memerlukan prosedur yang ketat agar tidak muncul dampak negatif dari pengolahan limbah tersebut kepada kehidupan sosial masyarakat. Akuntansi lingkungan dan sosial merupakan studi yang dalam penerapannya digunakan untuk meminimalisir dampak dari kegiatan operasional perusahan yang menghasilkan limbah dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keseuaian pengolahan limbah RSUD Sele Be Solu Kota Sorong dengan Permenkes No. 18 Tahun 2020 dan bagaimana kesesuaian pelaporan biaya lingkungan dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP). Hasil yang ditemukan adalah bahwa RSUD Sele Be Solu dalam prosedur pengolahan limbahnya sudah sesuai dengan Permenkes No. 18 Tahun 2020, dan dalam pelaporan keuangnnya sudah sesuai dengan PSAP tahun 2021 akan tetapi ada ketidaksesuaian dalam pengidentifikasian biaya terkatit aktivitas lingkungan dengan PSAP No. 1 Tahun 2021 paragraf 27 dan pengungkapannya pun belum sesuai dengan PSAP tahun 2021. kemudian untuk keberlanjutan pengolahan limbahnya selanjutnya pihak RSUD Sele Be Solu Kota sorong akan mnggunakan campur tangan pihak ketiga dalampengolahan limbahnya yang tentunya akan timbul biaya lain terkait pengolahan limbahnya.

Author Biography

Rahmiyanti Maruapey, Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Mahasiswi Universitas Mercubuana Yogyakarta

References

Anam, H., & Ramlah, R. (2020). Penerapan akuntansi lingkungan pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Kanujoso Djatiwibowo Kota Balikpapan. Jurnal Riset Akuntansi dan Auditing “Goodwill ", 11(2), 131-140.

Ardiansyah. (2018). Analisis Penerapan Akuntansi Lingkungan di Rumah Sakit Bersalin Sitti Khadijah III Makassar. Jurnal. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Ernawati, E. (2021). Analisis Penerapan Akuntansi Lingkungan Dan Sosial Di Rumah Sakit Universitas Islam Indonesia (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Yogyakarta).

Geovani. W. K. P. (2019). Sistem Informasi Rumah Sakit Pemerintah RSUD Sele Be Solu Kota Sorong. Laporan Kerja Praktek. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Husni, M., Wardani, R., & Pagalung, G. (2022). Analisis Penerapan Akuntansi Lingkungan pada Rumah Sakit X di Masa Pandemi. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 13(02), 515-520.

Indrawati, N. M., & Rini, I. G. A. I. S. (2018). Analisis Penerapan Akuntansi Lingkungan pada Badan Rumah Sakit Umum Daerah (BRSUD) Tabanan. KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 9(2), 85-95.

Kurniawan, A., & Mustofa, U. A. (2022). Penerapan Akuntansi Lingkungan Badan Usaha Milik Desa Untuk Mewujudkan Green Accounting Badan Usaha Milik Desa Adijaya Lampung Tengah: Jurnal Keuangan dan Perbankan, 5(1).

Lalus, M. (2018). Analisis Penerapan Akuntansi Lingkungan di Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak Sadewa (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Yogyakarta).

Safarina, R. (2021). Analisis Penerapan Akuntansi Lingkungan Atas Pengelolaan Limbah Pada Rumah Sakit Pelengkap Jombang (Doctoral dissertation, STIE PGRI Dewantara).

Liana, A. N., Hendri, N., & Darmayanti, E. F. (2021). Analisis Penerapan Akuntansi Lingkungan Terhadap Pengelolaan Limbah Sebagai Salah Satu Bentuk Pertanggungjawabn (Studi Kasus Pabrik Singkong Di Dusun VI Kelurahan Sidodadi Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur). Jurnal Akuntansi AKTIVA, 2(2), 204-209.

Safitri, E. A., Askandar, N. S., & Junaidi, J. (2022). Analisis Penerapan Akuntansi Lingkungan dalam Penyajian Laporan Keuangan. Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 11(04).

Samsiar, S., Lewaru, T. S., & Anakotta, F. M. (2020). Penerapan Akuntansi Lingkungan Pada RSUD Cenderawasih Kabupaten Kepulauan Aru (Studi Kualitatif). Accounting Research Unit (ARU Journal), 1(1), 1-12.

Sara. E. Y. (2017). Analisis Penerapan Akuntansi Lingkungan Pada Ruamh Sakit Umum Daerah Sleman. Skripsi. Universitas Mercubuana Yogyakarta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanti, S., Baehaqi, A., & Firman, M. A. (2021). Analisis Penerapan Akuntansi Lingkungan pada Rumah Sakit Umum Haji Surabaya Dalam Pandangan Maqashid Syariah. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Islam, 9(2), 91-111.

Widia. R. (2017). Analisis Pelaksanaan Standar Operating Produce (SOP) Pengolahan Limbah Medis dan Non Medis di Rumah Sakit Jogja International Hopital. Jurnal. Poltekes Bhakti Setya Medika

Published

2022-12-30

Issue

Section

Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana (JRAMB)