IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KONTEKS PEMBELAJARAN FORMAL

Tuti Hendriyani

Abstract


Pendidikan memiliki peran dalam pembentukan karakter peserta didik karena tujuan pendidikan nasional mengarah pada pengembangan karakter peserta didik. Pembentukan karakter peserta didik dapat diperoleh dari proses pembelajaran formal di sekolah. Pembelajaran merupakan pemberdayaan potensi peserta didik menjadi sebuah kompetensi. Suatu pembelajaran bisa dikatakan berhasil secara baik jika guru mampu memfasilitasi peserta didik menjadi berkarakter serta mampu menumbuhkembangkan kesadaran untuk belajar sehingga pengalaman yang diperoleh peserta didik selama proses pembelajaran itu dapat dirasakan manfaatnya. Pengembangan karakter peserta didik berkaitan dengan sikap, perkataan, dan tindakan. Untuk itu, dalam upaya mengembangkan pendidikan karakter, sekolah atau guru perlu memfasilitasi dan membantu siswa agar mereka memahami nilai-nilai, berkomitmen terhadap nilai-nilai, dan kemudian menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Menyadari pentingnya karakter, banyak pihak menuntut peningkatan intensitas dan kualitas pelaksanaan pendidikan karakter pada pendidikan formal. Peran dalam menciptakan pendidikan karakter tidak hanya dilakukan oleh guru namun seluruh komponen tenaga kependidikan juga memiliki peran dalam mengupayakan pendidikan karakter dalam konteks pembelajaran di sekolah. Lembaga pendidikan formal sebagai wadah resmi proses pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan peranannya dalam pembentukan kepribadian peserta didik melalui peningkatan intensitas dan kualitas pendidikan karakter.


Keywords


Pendidikan Karakter, Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. 2007. Meaningful Learning Re-Invensi Kebermaknaan Pembelajaran. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Amri dkk. 2011. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran: Strategi Analisis dan

Pengembangan Karakter Siswa dalam Proses Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakarata.

Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif).

Bandung : Yrama Widya.

Barnawi dan Arifin, M. 2012. Strategi Dan Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter.

Yogyakrta: Ar-Ruzz Media.

BBC. 2018. Kekerasan terhadap siswa masih marak, guru berdalih ‘demi kedisiplinan'.

https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-44925805. Diakses 1 September 2018.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem

Pendidian Nasional.

Fathurrohman, Pupuh dkk. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika

Aditama

Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasi. Bandung: Alfabeta

Kesuma, Dharma dkk. 2013. Pendidikan Karakter Kajian Teori Dan Praktik Di Sekolah. Bandung:

PT Remaja Rosda karya

Ramdhani, Muhammad Ali. 2014. Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan

Karakter. Jurnal Pendidikan Universitas Garut Vol. 08; No. 01; 2014; 28-37

Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Surabaya : Rosda.

Usmeldi. 2013. Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah untuk

Meningkatkan Kompetensi Fisika Siswa SMK Negeri 1 Padang. Prosiding Semirata FMIPA

Universitas Lampung

Winataputra, Udin S. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka.


Article Metrics

Abstract view : 91 times
PDF - 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.