PENANANMAN KARAKTER JUJUR MELALUI MEDIA ULAR TANGGA KARAKTER PADA ANAK USIA PENDIDIKAN DASAR

Septiana Eka Mufliha, Khusnul Khotimah, Elvy Ulfiatul Masrurah, Antuni Wiyarsi

Abstract


Penanaman karakter sejak usia kanak-kanak sangatlah penting dalam membentuk karakter seseorang. Karakter jujur merupakan salah satu karakter yang sangat penting untuk dimiliki oleh seseorang. Seperti yang kita ketahui, saat ini di Indonesia marak terjadi kasus korupsi yang diakibatkan oleh oknum-oknum yang tidak memiliki karakter jujur. Oleh karena itu, perlu adanya penanaman karakter pada anak usia dasar yang dapat dilakukan dengan media “Ular Tanggga Karakter”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas dari media “Ular Tangga Karakter” terhadap penanaman karakter jujur pada anak usia pendidikan dasar. Penelitian ini menggunakan metode embedded experimental model melalui analisis kualitatif dan kuantitatif. Jumlah responden yaitu sebanyak 37 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa angket dan
lembar observasi, dan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji paired t-test dan nilai n-gain. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa didapatkan bahwa pada uji paired t-test, terdapat beda antara angket awal dan angket akhir karakter jujur pada saat menggunakan media “Ular Tangga Karakter”. Selain itu, untuk nilai n-gain, didapatkan hasil pada kategori tinggi yaitu sebesar 45.94%, kategori sedang sebesar 0%, kategori rendah sebesar 27,03% dan kategori tetap juga sebesar 27,03%. Oleh karena itu, media “Ular Tangga Karakter” dapat dinyatakan efektif sebagai media penanaman karakter jujur pada anak usia pendidikan dasar.


Keywords


Karakter Jujur, Anak Usia Pendidikan Dasar, Ular Tangga

Full Text:

PDF

References


Creswell, John W. 2010. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hake, R.R. 1998. Interactive Engagement V.S Traditional Methods: Six-Thousand Student Survey

Of Mechanics Test Data For Introductory Physics Courses. American Journal of Physics.

Vol. 66.No.1.

Lickona, Thomas. 1992. Educating for Character, How Our Schools Can Teach Respect and

Responbility. New York: Bantam Books.

Mustari, Mohamad. 2011. Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan Karakter. Yogyakarta:

Laksbang Pressindo.

Vincent P. Colettaa, Interpreting FCI scores: Normalized gain, preinstruction scores, and scientific

reasoning ability, 2005, Jurnal Internasional.

Warsono. 2011. Bunga Rampai Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Generasi Masa Depan:

Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa di Sekolah Dasar. Surabaya: Unesa Universty Press


Article Metrics

Abstract view : 53 times
PDF - 52 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.