PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING DENGAN MEMANFAATAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN NILAI KARAKTER KEBAIKAN SISWA MENENGAH PERTAMA

Siti Maesaroh

Abstract


Pendidik adalah central vital bagi keberhasilan peserta didik dalam mengemban tugas belajar di sekolah. Oleh karena itu guru dianggap sebagai unsur yang sangat penting dalam keseluruhan sistem pendidikan di Indonesia. Maka, peranan dan kedudukan guru sangat di perhitungkan dengan sungguh-sungguh dalam meningkatkan mutu dan kualitas peserta didik. Guru di tuntut untuk bisa menjadi inspirasi bagi setiap siswa di sekolah. Di era globalisasi yang tengah kita hadapi yaitu zaman 4.0 membuat guru juga tidak boleh ketinggalan zaman. Nabi Muhammad SAW bersabda: “Didiklah anak sesuai dengan zamannya”. Penggunaan gadget sudah hampir menyeluruh di indonesia. Bahkan anak usia 3 tahun sudah di jejali gadget oleh kedua orang tuannya dengan alasan agar anak mereka diam di rumah dan tidak nakal. Namun hal tersebut tidaklah benar karena, ketika anak sudah mengalami kecanduan gadget maka banyak dampak buruk psikologis yang terjadi ke depannya seperti anak menjadi anti sosial, egois dan over ambisius negatif serta banyak hal negatif lainnya. Salah satu peran guru dalam menanamkan nilai-nilai kebaikan di era 4.0 adalah dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada tanpa mengubah hal yang sudah ada salah satunya aplikasi google classroom yang di gagas oleh google. Dari hasil penelitian yang di lakukan peneliti di salah satu sekolah menengah pertama menemukan banyak manfaat dari aplikasi ini. Salah satunya sangat bermanfaat untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar, konservasi paperless dan mempermudah siswa melakukan pembelajaran kontekstual dengan melihat diskusi belajar serta analisis video pembelajaran yang ada di google classroom.


Keywords


Cooperative Learning,Google Classroom, Nilai Karakter Kebaikan

Full Text:

PDF

References


Slavin, R. E., Hurley, E. A., & Chamberlain, A. (2003). Cooperative learning and achievement: Theory and research. Handbook of psychology, 177-198.

Nasrullah, R. 2015. Media Sosial: Perspektif Komunikasi , budaya dan sosioteknologi . Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Pratama, Dicky. Dan Hendri Soprayadi. 2016. Analisis Pengaruh Pemanfaatan Google Classroom Terhadap Efisiensi Pada Stmik Xyz. STMIK GI MDP.

E , Mulyasa. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Sugandi, A.I. (2002). Pembelajaran Pemecahan Masala Matmatika Melalui model Belajar Kooperatif Tope Jigsaw. (Studi Eksperimen terhadap Siswa Kelas Satu SMU Negeri di Tasikmalaya). Tesis PPS UPI: Tidak diterbitkan.


Article Metrics

Abstract view : 172 times
PDF - 422 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.