EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Rima Aksen Cahdriyana, Arie Purwanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII pada semester genap di salah satu SMP di Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini terdiri atas dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-z yang sebelumnya
dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Instrumen yang digunakan adalah tes prestasi belajar. Sebelum dikenakan pada sampel, instrumen diujicobakan terlebih dahulu untuk melihat apakah tes yang telah disusun memenuhi syarat-syarat tes yang baik atau belum, yaitu melalui uji validitas dan reliabilitas. Dari hasil penelitian pada α = 5% , diperoleh zhitung sebesar 11,826 sedangkan nilai dari ztabel = 1,645. Karena zhitung > ztabel maka H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan metode konvensional.


Keywords


pembelajaran berbasis masalah, prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Emmanuel, O., Abonyi, O.S., Okafor, G., & Omebe, C. (2015). Effects of Problem-Based Learning Approach on Junior Secondary School Students’ Achievement in Algebra. Journal of the Science Teachers Association of Nigeria, 50(1), 57-68.

Fatade, A.O., Mogari, D., & Arigbabu, A.A. (2013). Effect of Problem-Based Learning on Senior Secondary School Students’ Achievements in Further Mathematics. Acta Didactica Napocensia, 6(3), 27-43.

Ajai, J.T., Imoko, B.I., & O’kwu, E.I. (2013). Comparison of the Learning Effectiveness of Problem Based Learning (PBL) and Conventional Method of Teaching Algebra. Journal of Education and Practice, 4(1), 131-135.

Aydin, Yusuf. (2014). The Effects of Problem Based Approach on Student’s Conceptual Understanding in a University Mathematics Classroom. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 152, 704-707.

Sinaga, B., dkk. 2013. Matematika SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Bereiter, C., & Scardamalia, M. (2003). Learning to Work Creatively with Knowledge. In: E. De

Corte, L. Verschaffel, N. Entwistle, & J. van Merriënboer (eds.), Unravelling Basic Components and Dimensions of Powerful Learning Environments. EARLI Advances in Learning and Instruction Series.

Cole, P. G., & Chan, L. K. S. (1994). Teaching Principles and Practice (2nd ed.). Sidney: Prentice Hall.


Article Metrics

Abstract view : 28 times
PDF - 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.