PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR APRESIASI PUISI BERBAASIS BELA NEGARA BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA

Nurul Setyorini, Suci Rizkiana

Abstract


Bela Negara adalah sebuah konsep yang disusun oleh perangkat perundangan dan petinggi suatu negara tentang patriotisme seseorang, suatu kelompok atau seluruh komponen dari suatu negara dalam kepentingan mempertahankan eksistensi negara tersebut. Secara fisik, hal ini dapat diartikan sebagai usaha pertahanan menghadapi serangan fisik atau agresi dari pihak yang mengancam keberadaan negara tersebut, sedangkan secara non-fisik konsep ini diartikan sebagai upaya untuk serta berperan aktif dalam memajukan bangsa dan negara, baik melalui pendidikan, moral, sosial maupun peningkatan kesejahteraan orang-orang yang menyusun bangsa tersebut. Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, merupakan salah satu aset bangsa. Mahasiswa merupakan pemuda bangsa yang harus menjunjung dan memajukan negara. Semangat perjuangan tersebut bisa dilakukan dengan memahami hakikat bela negara. Hakikat bela negara tersebut, bisa diimplementasikan melalui pembelajaran yang ada di kampus, misalnya pembelajaran Apresiasi Puisi. Dengan adanya bahan ajar apresiasi puisi berbasis bela negara diharapkan mahasiswa mampu memahami hakikat bela negara dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Sumber data berupa hasil karangan siswa. Sampel adalah semester 3A sebagai kelas kontrol dan semester 3B sebagai kelas eksperimen. Instrument penelitian terdiri dari dua jenis, yaitu tes dan non tes. Tes berkaitan dengan uji soal apresiasi puisi, sedangkan non tes berupa angket. Teknik analisis data menggunakan SPSS.


Keywords


eksperimen, bela negara, apresiasi puisi

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Majid, Abdul. 2012. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhson, Ali. 2012. “Peta Penguasaan Kompetensi Siswa SMA untuk Mata Pelajaran Ekonomi di Kabupaten Magelang dan Kabupaten Magelang Jawa Tengah”. Makalah diseminarkan pada Dies Natalis ke-48 UNY 2012, Yogyakarta.

Mustofa, Deny Anggrany Ina. 2016. “Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Menulis Cerita Berbasis Pendekatan Proses bagi Siswa SMP”. Makalah ini Disampaikan dalam Seminar Nasional Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2016, Agustus 26, Kebumen

Slameto. 2012. “Monitoring dan Evaluasi Implementasi Program Sertifikasi Guru Kota Salatiga”. Makalah diseminarkan pada Dies Natalis ke-48 UNY 2012, Yogyakarta.

Zayati, Choirul. 2013. “Hubungan Antara Tingkat Kecerdasan Emosional Spiritual (ESQ) dengan Tingkat Aktualisasi Diri pada Dosen Universitas Muhamadiyah Gresik”. Jurnal Psikosains, 6(1), 15-34.


Article Metrics

Abstract view : 111 times
PDF - 85 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.