PENANAMAN NILAI KARAKTER KEPEDULIAN SOSIAL PADA ANAK USIA DINI DALAM PERMAINAN TRADISIONAL KUCING TIKUS DI TK IT MUTIARA HATI

Ika Rosyadah Hari Afifah, Noto Prasetiyo, Rizki Akhir Ramadhan

Abstract


Seiring dengan perkembangan zaman, di era globalisasi ini nilai karakter kepedulian sosial terus mengalami degradasi khususnya dikalangan generasi muda. Nilai karakter kepedulian sosial yang saat ini mulai luntur contohnya sikap acuh tak acuh, sikap ingin menang sendiri, tidak setia kawan, dll. Penyebab lunturnya nilai nilai tersebut sangat beragam, diantaranya karena kesenjangan sosial atau status sosial, karena sikap egois masing-masing individu, kurangnya pemahaman atau penanaman tentang nilai-nilai peduli sosial, kurangnya sikap toleransi, simpati dan empati. Rendahnya nilai kepedulian sosial tidak cukup hanya dengan melakukan suatu tindakan represif, namun yang lebih mendasar lagi adalah melakukan tindakan preventif. Tindakan yang dimaksud ditujukan kepada anak usia dini dengan menggunakan permainan tradisional kucing tikus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan nilai karakter peduli sosial melalui permainan tradisional kucing tikus di TK IT Mutira Hati. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dengan cara triangulasi sumber dan teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, seleksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, anak lebih bisa bergaul bersama temannya dengan baik, pandai bekerja sama, menghargai sesama teman, saling memotivasi, tidak pernah mempunyai niat untuk menyakiti orang lain, saling memahami, toleran terhadap perbedaan, tidak merendahkan orang lain, dan saling memiliki rasa menyayangi satu sama lain.

 


Keywords


Permainan kucing tikus, Peduli sosial, Anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta: Jakarta. Hal. 183.

Eliyawati. 2005. Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Haerani Nur. 2013. Membangun Karakter Anak Melalui Permainan Anak Tradisional. Universitas Negeri Makasar.

Hurlock,Elizabeth.1997. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Wibowo, Agus. 2012. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zuchdi, Darmiyati. 2011. Pendidikan Karakter Dalam Prespektif Teori dan Praktek. Yogyakarta: UNY Press.


Article Metrics

Abstract view : 54 times
PDF - 271 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.