PERSEPSI PENCEGAHAN DAN PERAWATAN CEDERA TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA KESEHATAN SISWA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Authors

  • Asna Syafitri Sari Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Yulius Agung Saputro Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Keywords:

Persepsi Siswa, Pencegahan Perawatan Cedera (PPC)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang persepsi pencegahan dan perawatan cedera terhadappembelajaran pendidikan jasmani olahraga kesehatan siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling area dengan jumlah sampel adalah 68 siswa (53 orang dari SD Negeri Gejayan dan 15 orang dari SD Negeri 1 Sleman). Sedangkan untuk teknik pengumpulan datanya dengan teknik angket yang berisi 54 pernyataan tentang hubungannya dengan pembelajaran Pencegahan Perawatan Cedera (PPC) yang terdiri dari4 faktor yaitu, lingkungan belajar, sarana dan prasarana, bentuk cedera, dan perbedaan persepsi saatpembelajaran. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunkan menggunakan perhitungan statistik deskriptif prosentase, ditambah dengan uji validitasnya menggunakan rumus product moment taraf signifikasi 5% (r1 = 0.05), dan uji realiabilitasnya menggunakan SPSS 16 for Windows. Hasil penelitian diperoleh: 1) frekuensi terbanyak persepsi pencegahan dan perawatan cedera terhadap pembelajaran pendidikan jasmani olahraga kesehatan pada siswa kelas 4 dan 5 SD Negeri Gejayan dan SD Negeri 1 Sleman dalam kategori cukup baik yaitu 9 siswa (60%). 2) persepsi pencegahan dan perawatan cedera terhadap pembelajaran pendidikan jasmani olahraga kesehatan siswa kelas 4 dan 5 berdasarkan faktor lingkungan belajar memiliki frekuensi terbanyak pada kategori cukup baik yaitu 7 (46,67%) siswa dari SD Negeri 1 Sleman. 3) persepsi pencegahan dan perawatan cedera terhadap pembelajaran pendidikan jasmani olahraga kesehatan siswa kelas 4 dan 5 berdasarkan faktor sarana dan prasarana memiliki frekuensi terbanyak pada kategori baik yaitu 25 (47,17%) siswa dari SD Negeri Gejayan. 4) persepsi pencegahan dan perawatan cedera terhadap pembelajaran pendidikan jasmani olahraga kesehatan siswa kelas 4 dan 5 berdasarkan faktor bentuk cedera memiliki frekuensi terbanyak pada kategori cukup baik yaitu 19 (35,85%) siswa dari SD Negeri Gejayan. 5) persepsi pencegahan dan perawatan cedera terhadap pembelajaran pendidikan jasmani olahraga kesehatan siswa kelas 4 dan 5 berdasarkan faktor perbedaan persepsi saat pembelajaran memiliki frekunesi terbanyak pada kategori baik yaitu 24 (45,28%) siswa dari SD Negeri Gejayan.

References

Dakir. (1993). “Dasar-Dasar Psikologiâ€. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamka, Muhammad. 2002. Hubungan Antara Persepsi Terhadap Pengawasan Kerja dengan Motivasi Berprestasi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Fakultas Psikologi

H. Muchtamadji, M. Ali, 2004. Pendidikan Keselamatan, Konsep dan Penerapan. Jakarta: Depdiknas.

Matho Yani Irfa’.2013. Tingkat Pemahaman Guru Penjasorkes Sekolah Negeri SeKecamatan Bambanglipuro Kabupaten Bantul Terhadap Faktor-faktor Penyebab Cedera Pada Saat Pembelajaran. Skripsi. UNY

Suharsimi Arikunto, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Sunaryo, 2002. Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta:EGC

Downloads

Published

2019-10-14

Issue

Section

Articles