Komunikasi pendidikan dalam upaya penguatan Nkri pada siswa smpn pamarayan

Dewi Widowati

Abstract


Pendidikan menjadi hal yang sangat penting dalam membentuk karakter siswa. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya yang berkesinambungan dalam memberikan materi mengenai NKRI kepada para siswa. Judul penelitian ini yaitu, “Komunikasi Pendidikan Dalam Upaya Penguatan NKRI Pada Siswa SMPN Pamarayan, Kec.Pamarayan., Kab. Serang”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi materi NKRI melalui metode pembelajaran “Tatap Muka” dan menganalisis proses belajar mengajar pada siswa SMPN Pamarayan, Kec. Pamarayan, Kab. Serang. Teori yang, yaitu “Teori Coordinated Management of Meaning (CMM)”, yang mengemukakan tentang komunikasi yang dilakukan seseorang melalui tatap muka, sehingga guru dapat mengetahui apakah siswa menerima pesan yang disampaikan atau tidak melalui feedback (umpan balik) berupa lambang verbal dan non-verbal siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, kepustakaan, wawancara dengan guru dan siswa. Metode analisis pembahasan yaitu analisis interpretatif. Hasil penelitian menunjukkan, metode komunikasi kelompok dan tatap muka, relatif mudah diterima oleh siswa dalam memahami materi NKRI. Materi yang diberikan yaitu mengenai bahasa, suku bangsa, character building, budaya saling sapa, dan nilai-nilai sosial yang dapat mempersatukan keragaman suku di Indonesia.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 4 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.