EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MTS ISLAMIC CENTER CIREBON
Keywords:
Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa, Pembelajaran Berbasis MasalahAbstract
Pada penelitian ini bertujuan mengetahui apakah model pembelajaran berbasis masalah berbantu youtube terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis efektif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dimana terdapat kelas control dan kelas eksperimen, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Mts Islamic Center, dengan sampelnya adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII B sebagai kelas control. Adapun desain penelitiannya adalah Pretest-Posttest Control Group Design, dengan prosedur penelitiannya yaitu tahapan persiapan, tahapan pelaksanaan dan tahapan evaluasi dan metode pengupulan datanya terdiri dari dokumentasi, tes, dan observasi. Instrumen yang digunakan adalah butir soal kemampuan berpikir kreatif berbentuk tes uraian. Tes kemampuan berpikir kreatif matematis digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, dan penerapan pembelajaran berbasis masalah lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dari pada metode ceramah biasa.
References
Aiken, L. R. (2015). “Abillity and Creativity in Mathematicsâ€. Review of ducational Research, 43(4): 405–432.
Khoiri, W., Rochmad, & Cahyono, A. N. (2013). “Problem Based Learning Berbantuan Multimedia dalam Pembelajaran Mtematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatifâ€. Unnes Journal of Mathematisc Education, 2(1): 114–121
Mulyasa, E. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda karya.
Nurlita, M. 2015. “Pengembangan Soal Terbuka (Open-Ended Problem) pada Mata Pelajaran Matematika SMP Kelas VIIIâ€. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1): 38–49.
Putra, H. D., Akhdiyat, A. M., Setiany, E. P., & Andiarani, M. 2018. “Kemampuan Berpikir Kreatif Matematikm Siswa SMP di Cimahiâ€. KREANO: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1): 47-53.
Rizqi, M. (2018). Pengaruh Modul dan RPP dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Materi Bilangan Bulat. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan. ISSN 2407-7496.
Rizqi, M. (2019). Efektivitas Modul Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis. Seminar Nasional Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol 1.
Rizqi, M. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Macromedia Flash 8 dengan Pendekatan SAVI dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Prosiding Sendika: 5(1).
Saironi,M. & Sukestiyarno, Y. L. 2017. “Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dan Pembentukan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa pada Pembelajaran Open Ended Berbasis etnomatematikaâ€, Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1): 76-88
Sriraman, B. (2004). “The Characteristics of Mathematical Creativityâ€. ZDM International Journal on Mathematics Education, 14(1): 19–34
Sriraman, B. (2005). “Are Giftedness and Creativity Synonyms in Mathematics?â€. The Journal of Secondary Gifted Education, XVII(1), 20–36
Sternberg, R. J. (2006). “The Nature of Creativityâ€. Creativity Research Journal, 18(1): 87–98
Tatang Herman. (2008). “Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)â€.Laporan Penelitian. UPI Bandung.
Tyagi, T. K. (2017). “Mathematical Intelligence and Mathematical Creativity: A Causal Relationshipâ€. Creativity Research Journal, 29(2): 212–217
Widodo, K., Budiarto, M. T., & Lukito, A. (2018). “Profil Pemecahan Masalah Kreatif Siswa MA Ditinjau dari Tingkat Math Self-Efficacyâ€. KREANO: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1): 10-16