PERAN KELUARGA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ERA NEW NORMAL
Keywords:
Karakter, gaya pengasuhan, peran keluargaAbstract
Pendidikan utama adalah pendidikan dari orang tua bahkan sejak dalam kandungan. Pandemi covid-19 sebenarnya adalah alarm bagi setiap orang tua untuk mengevaluasi cara mendidik anak selama ini. Namun nyatanya dikeluhkan oleh banyak orang tua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran yang dilakukan oleh keluarga untuk membangun karakter anak di era New Normal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif studi kepustakaan, yaitu mengumpulkan, menelaah dan menganalisis data dari sumber literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter yang harus dimiliki anak antara lain inisiatif, gigih, adaptif, dan kepemimpinan. Adapun peran keluarga untuk membangun karakter tersebut pada anak yaitu hadirnya sosok ayah dan ibu dalam pengasuhan, meluangkan waktu yang berkualitas bersama anak, dan mendidik anak menggunakan gaya otoritatif.
References
Lenggono, W. (2018). Pembentukan Karakter: Aktualisasi Pendidikan Karakter di Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat. Jurnal El-Hamra, 4 (1), 89-98.
Rahmi, M. (2020). Penguatan Peran Keluarga dalam Mendampingi Anak Belajar di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 9 (1), 81-105.
Purandina, I.P.Y., & Winaya, I.M.A. (2020). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (2), 270-290.
Hyoscyamina, D.E. (2011). Peran Keluarga dalam Membangun Karakter Anak. Jurnal Psikologi Undip, 10 (2), 144-152.
Nafisah, F.T. (2020). Model Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Perspektif Islam di Tengah Pendemi Covid-19. Ta’allum: Jurnal Pendidikan islam, 8 (1), 1-20.
Tarmujianto. (2020). Peranan Pendidikan Akhlak dalam Menciptakan Keluarga Bahagia. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 14 (2), 55-70.
Rihlah, J., & Kamilah, U., & Shari, D. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4 (1), 51-61.
Sabarua, J.O., & Mornene, I. (2020). Komunikasi Keluarga dalam Membentuk Karakter Anak. International Journal of Elementary Education, 4 (1), 82-89.
Amaruddin, H., & Atmaja, H.T., & Khafid, M. (2020). Peran Keluarga dan Media Sosial dalam Pembentukan Karakter Santun Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 10 (1), 33-48.
Risman, E. (2016). Tips bagi para Orang Tua yang Bekerja. Indonesia Morning Show Net. 24 Februari 2016.
Prihatmojo, A., & Agustin, I.M., Ernawati, D., & Indriyani, D. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter di Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. 180-186.
Soffel, J. (2016, 10 Maret). What are the 21st-century skills every student needs? World Economic Forum. Diakses dari: https://www.weforum.org/agenda/2016/03/21st-century-skills-future-jobs-students/
Soetikno, N., & Verauli, R., & Agustina. (2017). Pengaruh Mendongeng Terhadap kemampuan Adaptif Anak Keterbelakangan Mental. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 9 (2), 84-92.
Rodiyana, R., & Puspitasari, W.D. (2019). Menumbuhkan Kepemimpinan Anak di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas: Media Publikasi pada Bidang Pendidikan Dasar, 5 (2), 188-194.
Alawiyah, R. (2018). Penerapan Pendidikan Karakter Sikap “Student Leadership†(Kepemimpinan Siswa) untuk Meningkatkan Sikap Mandiri dan Prestasi Belajar di Kelas 1 Sekolah Dasar. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar.
Risman, E. (2014). Bagaimana Menjadi Ayah Benar, Baik, Hebat, dan Menyenangkan. Smart Parenting. Smart FM: Jakarta. Rabu 19.00 WIB.
Kurniandari, R. (2020). UPDATE Covid-19 Indonesia Rabu (30/12/2020): Rekor lagi, Tambah 8.002, Total 735.124 Kasus Positif. Tribunnews.com. Rabu, 30 Desember 2020 16:10 WIB.
Subarto. (2020). Momentum Keluarga Mengembangkan Kemampuan Belajar Peserta Didik di tengah Wabah Pandemi Covid-19. ADALAH: Buletin Hukum & Keadilan, 4 (1), 13-18.
Oktaria, R., & Putra, P. (2002). Pendidikan Anak dalam Keluarga sebagai Strategi Pendidikan Anak Usia Dini saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah PESONA PAUD, 7 (1), 41-51.
Satriawan, Y. (2020). Tantangan Keluarga di Era Kelaziman Baru: Kembali Bekerja di Kantor vs. Anak Belajar di Rumah. VOA Indonesia. Retrieved from https://www.voaindonesia. com/a/tantangan-keluarga-di-era-kelaziman-baru-kembali-bekerjadi-kantor-vs-anak-belajar-di-rumah/5487243.html.
Kartadinata, S., &dkk. (2015). Pendidikan Kedamaian. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tafsir, A. (2014). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muslikhin. (2019). Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 4 (1).
Harahap, N. (2014). Penelitian Kepustakaan. Jurnal Iqra’, 8 (1), 68-69.
Kristi, E. (2012). Cinta yang Berpikir: Sebuah Manual Pendidikan Karakter Charlotte Mason. Semarang: Ein Institute.
Santrock, J.W. (2011). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Devianti, R., & Sari, S.L., & Bangsawan I. (2020). Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 3 (2), 67-78.
Iriani, D. (2014). 101 Kesalahan dalam Mendidik Anak. Jakarta: Elex Media Komputindo.