PENGEMBANGAN BAHJABLOG BELAJAR PINTAR DI MASA PANDEMI
Keywords:
Kurikulum Covid-19, Pendidikan Pandemi, Bahan AjarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan Media pembelajaran berupa Bahjablog (Bahan Ajar Berbasis Bloger) dalam mata pelajaran Matematika, guna meningkatkan mutu pendidikan dan pemahaman siswa dalam masa pandemi Covid-19. Media pembelajaran interaktif ini dapat memudahkan siswa dalam mempelajari Mata Pelajaran Matematika tanpa harus pengedaan tatap muka antara siswa dengan guru. Bahjablog (Bahan Ajar Berbasis Bloger) ini sudah dirancang dengan sebaik – baiknya dengan bahasa dan Rangkuman beserta Contoh pengerjaan soal sejelas – jelasnya guna sangat bisa dipahami oleh siswa – siswi SMP yang belajaar dari rumah. Penelitian ini termasuk penelitian perdana di tengah – tengah datangnya wabah covid-19 yang mengacu terhadap kacau balaunya pendidikan di indonesia, khususnya mata pelajaran matematika, yang sangat membutuhkan pembelajaran antar muka guru dengan murid. Maka dari itu peneliti mengadakan penelitian pengembangan Media Bahjablog (Bahan Ajar Berbasis Bloger) sebagai guru digital dimasa pandemi yang dievaluasi dan validasi oleh para ahli materi, dan ahli media, dengan Subjek Pengembangan Bahjablog Belajar Pintar Dimasa Pandemi
References
Adityo Susilo, et al., (2020). Coronavirus Disease 2019: Review of Current Literatures. Vol. 7, No. 1 | 30-34
Darmalaksana, (2020). “Corona Haditsâ€, Monograph (Project Report), 24 Mar 2020 10:31, http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30335
Graham, S., & Golan, S. (1991). Motivational influences on cognition: Task involvement, ego involvement, and depth of information processing. Journal of Educational Psychology, 83(2), 187–194
Bensalem, E. (2018). The Impact of Whatsapp on EFL Students' Vocabulary Learning . Arab World English Journal (AWEJ).
Siskawati Fury Styo, (2018). Improving Students Activity and Students Learning Outcomes by Using Collaboration of Mind Mapping and Picture and Picture Models, Axioma Jurnal Matematika dan Pembelajaran, Vol 3, No 1, pp. 12-27.
Siskawati Fury Styo, (2019). The Analysis of Student Learning Difficulties With Differences in Learning Outcomes Value in Elementary Linear Algebra, Axioma Jurnal Matematika dan Pembelajaran, Vol 4, No 2, pp. 90-97.
Arif S. Sadiman, dkk. (2014). Media pendidikan : pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Depok: PT. Raja Grafindo Persada
Asrumiati .2013.Adobe Flash CS6.Yogyakarta: Andi Wahana Komputer