PENDIDIKAN MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA DI ERA 4.0

Nuryadi Nuryadi

Abstract


Pendidikan matematika di era abad 21 dan di era Revolusi Industri 4.0  berorientasi pada mathematics literacy yaitu kamampuan individu dalam mengidentifikasi dan memahami peran matematika dalam kehidupan, agar mampu membuat keputusan dengan tepat dan memanfaatkan matematika dalam kehidupan sebagai warga negara yang membangun, peduli, dan reflektif (OECD, 2003:19). National Council of Teacher of Mathematics(NTCM) (2000: 11) menyatakan bahwa terdapat enam prinsip matematika sekolah, yaitu (1) keadilan, (2) Kurikulum, (3) Mengajar, (4) Pembelajaran, (5) Penilaian, dan (6) Teknologi. Terkait dengn teknologi, NCTM menyatakan bahwa “technology is essential in teaching and learning mathematics, it influences the mathematics that is taught and enhances student’s learning”. Posisi teknologi dalam pembelajaran matematika sangat esensial karena mempengaruhi matematika yang diajarkan dan meningkatkan kualitas belajar siswa. Sehingga pembelajaran matematika diharapkan lebih menekankan pada aspek keterampilan dan pembentukan sikap (skill and attitude).


Full Text:

PDF

References


Bishop, A.J. (1988). The Interaction of Mathematics Education with Culture, Culture Dynamics 1988:1; pp. 145-157. DOI: 10.1177/92137408800100200.

Dominikus. (2019, Februari). Etnomatematika Flobamorata. Makalah disampaikan dalam Kuliah Umum Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Undana: Kupang.

Dowling, P. (1998). The Sociology of Mathematics Education, Studies in Mathematics Education Series 7, The Falmer Press, London.

Ernest, P. (1993). The Philosophy of Mathematics Education, The Falmer Press, London.

Fatimah, Siti. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran IPA-Fisika Smartphone Berbasis Android Sebagai Penguat Karakter Sains Siswa. Jurnal Kaunia Vol. X No. 1, April 2014/1435: 59-64. ISSN 1829-5266.

Geisert, Paul G & Mynga.(1995). Teachers, Computers and Curriculum: Microcomputers in the classroom. United State of America: Allyn & Bacon.

Gerdes, P.(2011). African Basketry: Interweaving Art and Mathematics in Mozambique, Bridges 2011: Mathematics, Music, Art, Architecture, Culture, pp. 9 – 16.

Gerdes,P.(1997). Survey of Current Work on Ethnomathematics, In A. Powell & M. Frankenstein (eds), Ethnomathematics, Challenging Eurocentrism in Mathematics Education (pp. 331-372), Albany: State University of New York Press.

Gufron, A. (2015). Pengembangan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional. Yogyakarta: UNY Press.

Heinich, R., Molenda, M. & Russel, J.D. (1982). Instructional Media and The New Technologies of Instruction. New York : John Wiley & Sons, Inc.

Irnin, A., dkk. (2016). Pembuatan media pembelajaran berbasis Android. Jakarta: Universitas Indrapati PGRI.

Kuswana, WS. (2011). Taksonomi Berpikir. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Marsigit. (2018). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika. Prosiding Seminar Nasional Etnomatematika Ber ISBN: 978-602-6258-07-6. Halaman 20-37.

Nasution, S. (1995). Didaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

NTCM. (2000). Principles and standards for school mathematics. United States: National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Nuryadi, N. (2018). Keefektifan media matematika virtual berbasis teams game tournament ditinjau dari cognitive load theory. Journal Mathematics Education AlphaMath, 4(1).

OECD. (2003). The PISA 2003 Assessment Framework-Mathematics, Reading, Science and Problem Solving Knowledge and Skills, Paris:OECD

Sadiman. (2005). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Smaldino, S.E., Lowther, D.L & Russel, J.D. (2008). Intructional technology and media for Learning. (99thed). Columbus, Ohio: Prentice-Hall.

Sunarto S. (2015). Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional. Yogyakarta: UNY Press.

Wahyuni, A., Tias, A. A. W., & Sani, B. (2013, November). Peran etnomatematika dalam membangun karakter bangsa. In Makalah Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Prosiding, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta: UNY.


Article Metrics

Abstract view : 56 times
PDF - 107 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.