MERANCANG “POP UP CARD” UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA

Wulandari A. Adiman, Elysa Hartati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media Pop Up card yang akan digunakan dalam mengajar membaca bahasa Inggris untuk kelas 7 Sekolah Menengah Pertama yang bertempat di SMP N 2 Godean.Dikarenakan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk untuk instruksi, penelitian ini diklasifikasikan menjadi Research and Development (R & D). Ada beberapa langkah yang diambil dalam penelitian ini seperti; melakukan analisis kebutuhan, merumuskan desain instruksional, merancang, membuat pop up card, menilai, merevisi, melaksanakan, dan mengevaluasi media. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, wawancara dan kuesioner. Lembar observasi dan panduan wawancara yang digunakan oleh peneliti dalam langkah analisis kebutuhan, sedangkan kuesioner untuk ahli konten. Penilitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Media ditinjau dan revisi berdasarkan data yang diperoleh.Rata-rata skor berdasarkan penilaian dari ahli konten, ahli media serta guru Bahasa Inggris adalah 79,23%. Hasil ini menyatakan bahwa media pembelajaran baik dan layak untuk digunakan dalam instruksi membaca bahasa Inggris. Yang terakhir, skor rata-rata berdasarkan tanggapan dari siswa adalah 81,7%. Ini menyiratkan bahwa media yang baik dan layak untuk digunakan dalam instruksi membaca bahasa Inggris. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Pop Up card yang baik dan layak untuk mengajar membaca bahasa Inggris untuk siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama.

 


Keywords


Sekolah Menengah Pertama, Pop up Card, Research and Development, keterampilan membaca.

Full Text:

PDF

References


Aegpongpaow, O. 2008. kualitatif Investigasi Metakognitif Strategi di Thailand Mahasiswa Bahasa Inggris Akademik Reading Tersedia darihttp: //thesis.swu. ac.th/ swuthesis / Eng (MA) /Orranud_A.pdf.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Barrera, M., et al., 2006. Penggunaan Chunking dan menyoal Aloud untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Bahasa Inggris Bahasa Pembelajar dengan Cacat (ELLs Penyandang Cacat Laporan 17). Minneapolis, MN: University of Minnesota, Pusat nasional Pendidikan Hasil. Tersedia dari http: // www.education.umn.edu.com

Brewster, J., et al., 2002. Primer Inggris Guru Panduan. Harlow: Pearson Education Limited

Brown, H. Douglas. 2000. Prinsip Belajar Bahasa dan Pengajaran. New York: Longman.

Burt, M., et al, 2003. Membaca dan Dewasa Bahasa Inggris Pembelajar: Sebuah Tinjauan dari Research. Washington, DC: Pusat Linguistik Terapan

Nelli dan Hartati, Elysa. 2018. Improving students’ reading comprehension through cooperative learning strategies using numbered heads together. Journal of English Language and Education. Vol: 4 (1): 91-97.

Grace, E. 2006. Lihat Ahead.Erlangga. Jakarta.

Harmer, Jeremy. 2001. Praktek Pengajaran Bahasa Inggris. London: Longman.

Hutchinson, T, dan Waters, A. 1994. Inggris untuk Keperluan Khusus. Cambridge: Cambridge University Press.

Nunan, David, 2003, Pratical Pengajaran Bahasa Inggris. New York: McGraw -Hill Pendidikan


Article Metrics

Abstract view : 4 times
PDF - 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.