PERANCANGAN LEMBAR KERJA SISWA BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA MADRASAH DENGAN KETERAMPILAN MENDENGARKAN BERBICARA MEMBACA MENULIS KELAS VIII

Authors

  • Uun Bramastiwi Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Hermayawati Hermayawati Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Keywords:

Desain, LKS Bahasa Inggris, Madrasah Tsanawiyah, dan integrated.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa Lembar Kerja Siswa Bahasa Inggris (LKSBI) yang sesuai dengan Kurikulum 2013, misi institusi dan kebutuhan siswa Madrasah Tsanawiyah. LKSBImemuat pembelajaran empat keterampilan berbahasa yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis secara terintegrasi yang disisipkan ke dalam berbagai teks atau wacana bermuatan agamis. Penelitian Research and Development (R&D) ini dilakukan menggunakanmodel ADDIE,dengan  tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini melibatkan 30 siswa, khususnya Kelas VIII Semester 1,di salahsatu Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kabupaten Kulon Progo. Data penelitian ini diperoleh melalui instrumen observasi kelas, wawancara guru, kuesioner untuk siswa, dokumentasi, dan test. Pada observasi awal diperoleh data yang menunjukkan bahwa siswa dikelas tersebut memerlukan materi pembelajaran berupa LKSBI yang menarik, memudahkan proses belajar mengajar, dan membantu siswa belajar mandiri. Hasil kajian menunjukkan bahwa LKSBI dapat dikatakan cukup baik berdasarkan perolehan peningkatan nilai pre-post-test dengan skor Mean Difference (Md) = 7,83 ≥ 5,09. Koefisien 7, 83 adalah skorrerata post-test sedangkan 5,09 merupakan skor rerata pretest.  Skorrerata tersebut melampaui skorKKMsekolah, yaitu 7,5.  Selain itu, data menyangkut keputusan ahli (Expert Judgement) juga menunjukkan bahwa LKSBI boleh dimanfaatkan sebagai materi ajar di MTs. Artinya,LKSBI layak digunakan di kelas VIII semester 1 Madrasah.

 

 

References

Aldoobie,, N. (2015), ADDIE Model. American International Journal of Contemporary Research, 5 (6) [Online]. Tersedia di: http://www.aijcrnet.com/journals/Vol_5_No_6_December_2015/10.pdf.

Arsyad Azar 2013. Media Pembelajaran. Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA

Brown, D. H. 2004. Principle of language learning. NJ: Prentice Hall. Regents. Englewood Cliffs.

Danks, S. 2001. The ADDIE Model; Designing, Evaluating Instructional Coach Effectiveness.[Online]. Tersediawww.asq.org

Hermayawati. 2017. Designing a Supplementary Reading Using Cultural Language Learning Approach (CLLA). International Journal for Innovation Education and Research. Vol: 5 (08): 111-128.

Sadiku, Lorena Manaj. 2015. The Importance of Four Skills Reading, Speaking, Writing, Listening in a Lesson Hour. European Journal of Language and Literature Studies. 1(1): 29.

Sadiman, Arief S. et. al. (2012). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Depok: Rajawali Pers.

Sugiono. 2012. Metode Penelitian dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2020-02-13