MENCIPTAKAN PELUANG USAHA ECOPRINT BERBASIS POTENSI DESA DENGAN METODE RRA DAN PRA

Tri Mardiana, A.Y.N. Warsiki, Sucahyo Heriningsih

Abstract


Gadget dengan sambungan internet di dalamnya merupakan perangkat elektronik yang  dengan mudah dapat digunakan untuk mencari berbagai informasi yang dibutuhkan remaja terkait dengan pelajaran mereka di sekolah. Masa remaja merupakan masa krisis identitas . Pada periode perkembangan ini remaja berusaha melakukan eksplorasi terhadap berbagai alternatif, cenderung mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi, selalu ingin mencoba hal-hal baru. Keberadaan gadget menjadikan remaja seperti menemukan media yang dapat memenuhi kebutuhannya, mulai dari kebutuhan untuk pertemanan, mengakses berbagai informasi, pemenuhan kebutuhan hiburan, sampai kepada munculnya berbagai aktifitas yang dapat menghasilkan uang baginya. Gadget memiliki konten-konten yang baik untuk perkembangan remaja, namun jika tidak selektif  dan tidak dibatasi, screen time yang berlebihan bisa berdampak buruk pada remaja dan berpengaruh terhadap prestasi belajar remaja di sekolah. Salah satu faktor yang mempengaruhi remaja kecanduan gadget adalah pola asuh orang tua. Pola asuh adalah cara-cara yang khas yang orang tua pikirkan, rasakan, dan lakukan dalam hal membesarkan anak. Pola asuh demokratis yang diterapkan orang tua dapat mengupayakan remaja menjadi pribadi yang utuh dan berkarakter, yang akan mempengaruhi sikap, cara berpikir dan berperilaku remaja dalam menggunakan gadget di era revolusi industri 4.0

 

 


Keywords


Kecanduan gagdet, pola asuh demokratis, remaja

Full Text:

PDF

References


Abedini, Y., Zamani, B., Kheradmand, A., & Rajabizadeh, G. (2012). Impacts of Mothers’ Occupation Status and Parenting Styles On Levels of Self-control, Addiction to Computer Games, and Educational progress of Adolescents. European Psychiatry, 4(April), 102–110. https://doi.org/10.1016/s0924-9338(15)30399-0

Agusta, D. (2016). Faktor-Faktor Resiko Kecanduan Menggunakan Smartphone Pada Siswa Di SMK Negeri 1 Kalasan Yogyakarta. E-Journal Bimbingan Dan Konseling, 5(3), 86–96. https://doi.org/10.4172/2167-1044.1000296

Anisah, A. S. (2011). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 05(01), 70–84. Retrieved from https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/viewFile/43/43

Arifin, Z. (2016). Perilaku Remaja Pengguna Gagdet; Analisis Teori Sosiologi Pendidikan. Jurnal Pemikiran Keislaman, 26(2), 287–316. https://doi.org/10.33367/tribakti.v26i2.219

Bibi, F., Chaudhry, A. G., Awan, E. A., & Tariq, B. (2013). Contribution of Parenting Style in life domain of Children. IOSR Journal Of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS) Volume 12, Issue 2 (May. - Jun. 2013), PP 91-95, 12(2), 91–95.

Ching, K.H, Tak, L. . (2017). The Structural Model in Parenting Style, Attachment Style, Self-regulation and Self-esteem for Smartphone Addiction. IAFOR Journal of Psychology & the Behavioral Sciences, 3(1), 85–103. https://doi.org/10.22492/ijpbs.3.1.06

Karuniawan, A., & Cahyanti, I. Y. (2013). Hubungan antara Academic Stress dengan Smartphone Addiction pada Mahasiswa Pengguna Smartphone. Jurnal Psikologi Klinis Dan Kesehatan Mental, 2(1), 16–21.

Kominfo. (2014). Riset Kominfo dan UNICEF Mengenai Perilaku Anak dan Remaja Dalam Menggunakan Internet. https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3834/Siaran+Pers+No.+17-PIH-KOMINFO-2-2014+tentang+Riset+Kominfo+dan+UNICEF+Mengenai+ Perilaku+Anak+dan+Remaja+Dalam+Menggunakan+Internet+/0/siaran_pers.

Marpaung, J. (2018). Pengaruh Penggunaan Gagdet Dalam Kehidupan. Jurnal KOPASTA, 5 (2), (2018) 55-64, 5(2), 55–64.

Moazedian, A., Taqavi, S. A., Hosseinialmadani, S. A., Mohammadyfar, M. A., & Sabetimani, M. (2014). Parenting Style and Internet Addiction. J. Life Sci. Biomed. Journal Homepage: J. Life Sci. Biomed, 4(41), 9–14. Retrieved from http://jlsb.science-line.com/

Nugraheni, D. . (2017). Pola Asuh Orangtua Pada Remaja Yang Kecanduan Bermain Game Online. Diunduh dari httpe:prints.umm.ac.id/438421/jiptumm.

Rozalia, M. F. (2017). Hubungan Intensitas Pemanfaatan Gadget Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan SD, Volume 5, Nomor 2, September 2017, Hlm 722-731 Orang, 5(September), 722–731.

Rusmini. (2016). Gadget dan Prestasi Belajar pada Usia 13-15 Tahun di SMP Cahaya di Jl. Bulak Banteng Lor No. 68 Surabaya. Jurnal Ners Lentera, 4(1), 74–81.

Santrock, J. W. (2012). Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Erlangga.

Sari, A. P., Ilyas, A., & Ifdil, I. (2017). Tingkat Kecanduan Internet pada Remaja Awal. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(2), 45. https://doi.org/10.29210/02018190

Soetjiningsih, C. H. (2018). Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai Kanak-Kanak Akhir. Depok: Pranadamedia Group.

Tridhonanto, A. (2014). Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok.

Upton, P. (2012). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Widiastuti, N., & Elshap, D. S. (2015). Pola Asuh Orang Tua Sebagai Upaya Menumbuhkan Sikap Tanggung Jawab Pada Anak Dalam Menggunakan Teknologi Komunikasi. P2M STKIP Siliwangi, 2(2), 148. https://doi.org/10.22460/p2m.v2i2p148-159.174

Wijanarko, J., & Setiawati, E. (2016). Ayah Ibu Baik Parenting Era Digital Pengaruh Gadget pada Perilaku dan Kemampuan Anak. Jakarta: Keluarga Indonesia Bahagia.

Young, K. S., & Abreu, C. N. de. (2017). Kecanduan Internet. Panduan Konseling dan Petunjuk untuk Evaluasi dan Penanganannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Article Metrics

Abstract view : 182 times
PDF - 406 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.