PERMAINAN “THE GIANT SNAKE AND LADDER 3D”: SEBUAH MEDIA UNTUK MENGAJAR KETERAMPILAN MENDENGARKAN-BERBICARA ANAK SEKOLAH DASAR

Shinta Dewi Jayanti, Hermayawati Hermayawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya penggunaan media pembelajaran berupa modul dalam proses belajar mengajar materi Tata Rias Pengantin Betawi pada program studi Pendidikan Tata Rias, Universitas Negeri Jakarta. Sebagai alternatif media pembelajaran yang lebih menarik untuk mempermudah dalam mempelajari mata kuliah Tata Rias Pengantin Betawi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Tata Rias. Hasil analisis data menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dipaparkan dalam materi Tata Rias Pengantin Betawi masih menggunakan media pembelajaran konvesional (buku, papan tulis, majalah, makalah, dll) yang digunakan kurang menarik dan kurang kreatif, sehingga mahasiswa merasa bosan dalam mengikuti proses pembelajaran yang mengakibatkan kurangnya keefektifan dan kondusif dalam memahami penjelasan yang disampaikan oleh pendidik. Hasil analisis pun menyatakan bahwa responden berpendapat bahwa materi pokok tata rias pengantin Betawi merupakan materi yang dianggap sulit oleh peserta didik. Hal tersebut karena kurangnya buku penunjang yang hanya memuat gambar yang sedikit dan kurang menarik dan pengajaran yang bersifat klasik dan monoton. Oleh karena itu, diperlukan cara baru berupa media pembelajaran, yaitu media belajar modul.

 

 


Full Text:

PDF

References


Ainin. (2013). Penelitian Pengembangan dalam Pembelajaran Bahasa Arab. OKARA: Vol.II

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asyhar, Rayanda. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press Jakatya

Hamijoyo, Santoso S. (1974). Inovasi Pendidikan: Meninjau Beberapa Kerangka Analisa Untuk Penelitian dan Pelaksanaannya. Bandung. IKIP

Hardadi, Nawawi. (2007). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Kusnadi. (2017). Model Inovasi Pendidikan dengan Strategi Implementasi Konsep “dare to be diffrent”. Jurnal Wahana Pendidikan: Vol.4

M. Thobroni. (2015). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktek. Yogyakarta: Arr-Ruzz Media

Nasution. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito

Sanjaya. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada


Article Metrics

Abstract view : 13 times
PDF - 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.