PENGARUH METODE PROYEK DAN EKSPERIMEN TERHADAP KREATIVITAS DAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA

Authors

  • Ratna Hapsari EP Universitas Sebelas Maret
  • Widha Sunarno Universitas Sebelas Maret
  • Sukarmin Sukarmin Universitas Sebelas Maret

Keywords:

Metode Proyek, Metode Eksperimen, Dinamika Rotasi, Kreativitas, Sikap Ilmiah

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode proyek dan eksperimen pada pembelajaran fisika terhadap kreativitas dan sikap ilmiah siswa pada m  ateri dinamika rotasi, sebab materi dinamika rotasi merupakan materi yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Slahung, Kabupaten Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA, kemudian sampel penelitian diambil dengan metode cluster random sampling dan terpilih kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 sebagai sampel penelitian.  Data kreativitas dan sikap ilmiah siswa diperoleh dari lembar observasi  kreativitas dan sikap ilmiah siswa yang diamati oleh observer selama proses pembelajaran berlangsung. Beradasarkan hasil diperoleh data ketercapaian aspek kreativitas tiap aspek yaitu :  aspek kelancaran (fluency) sebesar 69%, keluwesan (flexibility) sebesar 72%, kerincian (elaboration) sebesar 74% dan orisinalitas (originality) dalam berpikir 70 %. Rata-rata kreativitas siswa  sebesar 71,2 % yang masuk kategori tinggi. Sedangkan hasil ketercapaian sikap ilmiah  tiap aspek adalah ; sikap ingin tahu 69%, sikap terbuka 70% , sikap kritis 73%, sikap luwes 73%, sikap jujur 68% dan sikap teliti 70% . Rata-rata sikap ilmiah siswa mencapai skor 71% dengan kategori tinggi.

 

 

References

Amir, Taufik. (2010) . Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pelajar Di Era Pengetahuan. Jakarta ; Kencana

Munandar, U. 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta

Oon-Seng Tan, Chua-Tee Teo, and Stefanie Chye. 2009. Problems and Creativity. Problembased Learning and Creativity Book, p.1-13

Pratiwi, P H. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Ragam Bentuk Tes Terhadap Hasil Belajar Sosiologi. Jurnal Ilmu Sosial (SOCIA), 15 (1), 145-166.

Purwati, Sri. 2015. Analisis Pengaruh Model Problem Solving Dan Sikap Ilmiah Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Unimed.Ac.Id. Vol 4(1).

Sudijono, Anas. (2005). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Paja Grafindo

Suparno, Paul. (2013) . Miskonsepsi dan Perubahan aKonsep Pendidikan Fisika. Jakarta: PT. Grasindo

Trianto. (2009). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara

Yasin, Ruhizan Muhammad, dkk. 2009. Promoting Creativity through Problem Oriented Project Based Learning in Engineering Education at Malaysian Polytechnics: Issues and Challenges. Proceedings of the 8th WSEAS International Conference on Education and Educational Technology, p.253-258

Downloads

Published

2020-02-13