PEMANFAATAN KARDUS BEKAS SEBAGAI MEDIA UNTUK MENGAJAR KETERAMPILAN BERBICARA DALAM BAHASA INGGRIS

Authors

  • Rahayu Handayani Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Hermayawati Hermayawati Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Keywords:

Media, limbah kardus, dan keterampilan berbicara.

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran dalam bentuk permainan yang disebut Pokemon Game Media dalam pembelajaran bahasa Inggris, khususnya untuk keterampilan berbicara. Jenis penelitian ini adalah Research and Develeopment (R&D)dengan menggunakanmodel  rancangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation)yang dilakukan melaluitahapananalisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi pada prototype dan produknya. Penelitian ini dilakukan di kelas 9 F,MTS WI Karangduwur. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen wawancara, observasi, questionnaire, dokumentasi, dan test. Hasil wawancara awal menunjukkan bahwa siswa membutuhkan media untuk membantu mereka dalam proses belajar mengajar di kelas dan mempermudah memahami materi terutama dalam keterampilan berbicara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran bahasa Inggris khususnya pada keterampilan berbicara.

Author Biography

Rahayu Handayani, Universitas Mercu Buana Yogyakarta

 

 

 

References

Brown, H. (2004). Bahasa Prinsip Penilaian dan Praktek Kelas.

Davis, A. (2018). The Definiton Of Go Green. https://www.livestrong.com/article/159603-the-definition-of-go-green/.

Gustafson, KL, & Cabang, RM (2002). Survei Of Instruksional Pengembangan Model Keempat Penambahan.

Harmer, J. (2007). Cara Mengajar Bahasa Inggris.

Hayuningtyas, H. (2014). Pemanfaatan Sumber Belajar Mencari Google Artikel Limbah Kardus Untuk Mengembangkan KONSEP Matematika Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Eksperimen di TK Taman Indria Semarang).

Mulyatiningsih, E. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik. Yogyakarta: UNY Press.

Pinter, A. (2011). Anak-anak Belajar Bahasa Kedua.

Putriningtyas, & Setyowati. (2013). Pengaruh PENGGUNAAN Media Wayang Dupleks Komunikasi Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B.

Siarni, Pasaribu, M., & Rede, A. (2015). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 07 Salule Mamuju Utara. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3 (2).

Susanto, H. (2013). Media Pembelajaran. https://bagawanabiyasa.wordpress.com/2013/05/26/media-pembelajaran/.

Widoyoko, E. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Yeboah, Asante, EA, & Opoku-Asa, NA (2016). Pengajaran Pelajaran Seni Interaktif dengan Bahan Daur Ulang Limbah sebagai Sumber Instruksional. Ghana: Departemen Umum Studi Seni.

Yunianti, PE (2016). Penggunaan Bahan Authentic Prosedur Teks di Berbicara Class dan Persepsi Mahasiswa di The Second Grade SMA Negeri 15 Bandarlampung.

Downloads

Published

2020-02-13