PERMAINAN “MAZE EXPLORER”: SEBUAH MEDIA UNTUK MENGAJAR KETERAMPILAN MEMBACA-MENULIS ANAK-ANAK SEKOLAH DASAR

Nur Hadiyati, Elysa Hartati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan mediaberupa permainan yaitu “Maze Explorer” yang sesuai untuk mengajar bahasa Inggris pada keterampilan membaca-menulis untuk anak-anak Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research and Development) yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) dari Robert Maribe Branch. Produk penelitian ini berupa permainan yaitu “Maze Explorer” yang melibatkan aktivitas fisik siswa dalam belajar bahasa Inggris pada keterampilan membaca-menulis. Produk ini diimplementasikan  di  kelas 2 Sekolah Dasar swasta di Yogyakarta yang terdiri dari 25 partisipan. Pelaksanaan penelitian ini didasarkan pada observasi awal yang menunjukkan kelas tersebut belum pernah menggunakan permainan yang melibatkan aktivitas fisik dalam mengajar bahasa Inggris. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif.Hasil penelitianmenunjukkan bahwa validasi oleh ahli materi memperoleh skor rata-rata 4,4 dengan kategori sangat baik. Hasil validasi oleh ahli media memperoleh skor rata-rata 4,4 dengan kategori sangat baik.Hasil respon siswa setelah menggunakan produk memperoleh skor rata-rata 4,3 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut permainan “Maze Explorer” sesuai untuk mengajar keterampilan membaca-menulis pelajaran bahasa Inggris untuk anak-anak.

 

 


Keywords


Desain, Maze Explorer, Membaca-Menulis, Anak-anak

Full Text:

PDF

References


Branch, Robert Maribe. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer: Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia 604 Aderhold Hall Athens GA 30602 USA

Brewster, Jean et.al. (2002). The Primary English Teacher’s Guide. China: Pearson Education Limited in association with Penguin Books Ltd

Elizabeth, M.E.S, Rao, D.B. (2007). Methods of Teaching English. Delhi : Arora Offset Press

Hasan,Cinangsih. 2015. Pengaruh Permainan Maze Terhadap Tumbuh Kembang Anak Pra Sekolah di Taman Kanak-Kanak Pembina K.H. Dewantara Kota Gorontalo.kim.ung.ac.id

Juhana. (2014). Teaching English to Young Learners: Some Point to be Considered:Asian Journal Education and e-Learning, ISSN: 2321-2454 Vol.02, Issue 01, February 2014. ajouronline.com>article

Nelli dan Hartati, Elysa. (2018). Improving Students’ Reading Comprehension Through Cooperative Learning Strategies Using Numbered Heads Together: JELE (Journal of English Language and Education), ISSN: 2541-6421 Vol. 4 No. 1, June 2018. scholar.google.co.id

Pratiwi, dkk. (2018). Pengembangan Alat Bermain Papan Magnetik Maze Untuk Anak. Jurnal pendidikan Anak Usia Dini. p-ISSN 2087-1317 e-ISSN 2621-8321, Vol. 9, No.2 November 2018. ejournal.upi.edu

Rohmah, Naili. (2016). Bermain dan Pemanfaatannya Dalam Perkembangan Anak Usia Dini: Jurnal Tarbawi, ISSN: 2088-3102 Vol.13, No.2 , Juli-Desember 2016. ejournal.unisnu.ac.id

Sadiman, Arif S. dkk.(2009). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Sudono A (2000)Sumber Belajar Dan Alat Permainan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini .PT. Grasindo

Udani, I Gusti Ayu Ketut Ari et.al. (2014) Implementasi Teknik Maze Untuk Mengembangkan Kreativitas Dan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B2 TK Shanti Kumara III Sempidi Mengwi Badung. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, Vol. 4, No. 1, 2014. media.neliti.com

Widoyoko, Eko Putro.( 2010).Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Yahya, Isy. (2014). Peningkatan Kemampuan Mengerjakan Maze Melalui Metode Proyek Pada Anak Kelompok B di TK Cempaka Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango.Eprints.ung.ac.id


Article Metrics

Abstract view : 61 times
PDF - 52 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.