PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA

Authors

  • Nanang Khuzaini Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Tri Yogo Sulistyo Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Keywords:

Media Pembelajaran Matematika, Adobe Flash CS6, Segiempat dan Segitiga, Kontekstual, Android.

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash CS6 Pada Materi Segiempat Dan Segitiga Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Siswa SMP Kelas VII yang berkualitas dilihat dari kriteria valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Borg dan Gall yang disederhanakan menjadi 3 tahapan. Tahap pertama yaitu pendahuluan melalui studi pustaka dan observasi lapangan. Tahap kedua adalah pengembangan, yaitu menentukan SK/KD, indikator, materi, dan model kontekstual yang akan diterapkan di media, pembuatan media pembelajaran, RPP, dan penyusunan instrumen. Tahap ketiga atau tahap yang terakhir adalah validasi dan implementasi. Pada tahap ini, berdasarkan hasil penilaian media oleh ahli media dan ahli materi, media pembelajaran layak diimplementasikan dengan perbaikan. Penilaian media pembelajaran oleh ahli materi diperoleh total skor sebesar 90 dengan kriteria sangat baik, dan penilaian media oleh ahli media didapatkan total skor sebesar 71 dengan kriteria baik sehingga media pembelajaran tersebut telah memenuhi aspek kevalidan. Implementasi dilakukan kepada 32 siswa kelas VIIC SMP Negeri 2 Godean. Dari hasil angket respon siswa dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran memenuhi aspek kepraktisan dan didapatkan hasil respon siswa dengan total skor sebesar 1739 yang termasuk dalam kriteria sangat baik dan hasil tes belajar siswa menunjukkan persentase ketuntasan sebesar 84,375 % sehingga media pembelajaran memenuhi aspek keefektifan.

 

 

References

Abu Yazid Bustomi. 2010. Aplikasi Pembelajaran Panca Indra Pada Manusia Berbasis Android. Jurnal Telematik, Vol.3, No.1, hal 25-36.

Abdul Majid. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Abdur Rahman As’ari, Mohammad Tohir, Erik Valentino, Zainul Imron, dan Ibnu Taufiq. 2016. Buku Guru Matematika. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.

Andi Pramono & Syafi’i M. 2005. KolaborasiFlash,Dreamweaver dan PHP Untuk Aplikasi Website. Yogyakarta: Andi.

Azhar Arsyad. 2014. Media Pembelajaran.Jakarta:PT RajaGrafindo Persada.

[BSNP] Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Daryanto.2010.Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Deary Putriani, Nur Hadi Waryanto, dan Kuswari Hernawati. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Dengan Program Construct 2 Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Siswa Smp Kelas 8. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.6, No.3, hal 1-10.

Emzir. 2013. Metedologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Faris Sifauttijani, Tri Listyorini, dan Rizkysari Meimaharani. 2017. Pencarian Rumah Makan Berbasis Android. Jurnal Simetris, Vol.8, No.1, hal 309-3016.

Hikmah Rusdi, Sudding, dan Muhammad Yunus. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android “Chembird†Pada Materi Kimia Kelas XI Di SMAN 17 Makassar. Jurnal Ecosystem, Vol.16, No.2, hal 290-301.

Joni Purwono, Sri Yutmini, dan Sri Anitah. 2014. Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran,Vol.2, No.2, hal 127 – 144.

Kristin Miller & Jacqueline Bach. (2001). Software Evaluation Checklist. New York: SAS Institute Inc.

Kominfo. (02 September 2015). Indonesia Raksasa Teknologi Digital Asia. Tersedia di:https://www.kominfo.go.id/content/detail/6095/indonesia-raksasa teknologi-digital. Diakses 17 November 2017.

[KBBI] Kamus Besar Bahasa Indonesia. [Online]. Tersedia di:http://bahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/index.php. Diakses 23 November 2017.

Munir. 2012. Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Ngalimun. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo..

Nur Hadi W. 2005. Teknik Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif dengan MacromediaFlash. Yogyakarta: Laboratorium Komputer Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Resti Yektyastuti dan Jaslin Ikhsan. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Kelarutan Untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, Vol.2, No.1, hal 88-99.

Rochmad. 2012. Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreano, Vol.3, No.1, hal 59-72.

Rudi Susilana dan Cepi Riyana. 2008. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga/ Gelora Aksara Pratama.

Rudi Yulio Arindiono dan Nugrahadi Ramadhani.2013.Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika Untuk Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Sains Dan Seni Pomits, Vol.2, No.1, hal 28-32.

Saifuddin Azwar. 2013. Tes prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sharen Gifary dan Iis Kurnia N. 2015. Intensitas Penggunaan Smartphone Terhadap Perilaku Komunikasi. Jurnal Sosioteknologi, Vol.14, No.2, hal 170-178.

Sherief Salbino. 2014. Buku Gadget Android untuk Pemula. Jakarta: Kunci Komunikasi.

Timotius Witono dan Raphael Susanto. 2012. Aplikasi Pemesanan Tiket Bioskop

Berbasis Mobile. Jurnal Sistem Informasi, Vol.7, No.2, hal 143–151.

Wahyu Setyaningrum dan Nur Hadi Waryanto.2017. Media Edutaiment Segiempat Berbasis Android: Apakah Membuat Belajar Matematika Lebih Menarik?. Jurnal Mercumatika, Vol.2, No.1, hal 40-56. Tersedia di:http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/mercumatika/article/view/369/342

Wandy Damarullah, Amir Hamzah, dan Uning Lestari. 2013. Aplikasi Pengenalan Dan Pembelajaran Bahasa Korea (Hangeul) Berbasis Android. Jurnal Script, Vol.1, No.1, hal 78-88.

W.R. Borg, & M.G. Gall. 1983. Educational reseach an introduction. New York: Longman.

Yudhiantoro. 2006. Membuat Animasi Web dengan Macromedia Flash Profesional 8. Andi. Yogyakarta.

Downloads

Published

2020-02-13