PENGARUH EFIKASI DIRI SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Melania Eva Wulanningtyas, Hendrikus Mikku Ate

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMP PGRI Kasihan kelas VIII A yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan tes. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari efikasi diri terhadap prestasi belajar matematika siswa. Semakin tinggi efikasi diri siswa maka semakin tinggi prestasi belajar matematika siswa. Semakin rendah efikasi diri siswa maka semakin rendah pula prestasi belajar matematika siswa.

 

 


Keywords


efikasi diri, matematika, prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Dimyati, dkk. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, S. B. 2012. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional

Gufron, dkk. 2010. Teori-Teori Psikologi, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Pajares, F., & Schunk, D. H. 2005. Self-efficacy and self-concept beliefs: Jointly contributing to the quality of human life. Greenwich: Age Publishing

Rosyida, dkk. 2016. Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Self-Efficacy terhadap Hasil Belajar Geografi Di SMA. Jurnal Pendidikan Geografi. Vol 21, No 2 (2016). Diakses dari http://journal2.um.ac.id/index.php/jpg/article/view/304 pada 01 Mei 2019

Surya, M. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy

Tatang, S. 2012. Ilmu Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

Tim Penyusun. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edis Ketiga. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta: Balai Pustaka

------------------. 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Widayanto. 2013. “Pengaruh Self Efficacy dan Motivasi Berprestasi Siswa Terhadapa Kemandirian Belajar Mata Pelajaran K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja)”. Diakses dari http://eprints.uny.ac.id/10052/1JURNAL.pdf pada 17 Juli 2018


Article Metrics

Abstract view : 91 times
PDF - 311 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.