PENGARUH EFIKASI DIRI SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
Keywords:
efikasi diri, matematika, prestasi belajarAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMP PGRI Kasihan kelas VIII A yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan tes. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari efikasi diri terhadap prestasi belajar matematika siswa. Semakin tinggi efikasi diri siswa maka semakin tinggi prestasi belajar matematika siswa. Semakin rendah efikasi diri siswa maka semakin rendah pula prestasi belajar matematika siswa.
Â
Â
References
Dimyati, dkk. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, S. B. 2012. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional
Gufron, dkk. 2010. Teori-Teori Psikologi, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Pajares, F., & Schunk, D. H. 2005. Self-efficacy and self-concept beliefs: Jointly contributing to the quality of human life. Greenwich: Age Publishing
Rosyida, dkk. 2016. Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Self-Efficacy terhadap Hasil Belajar Geografi Di SMA. Jurnal Pendidikan Geografi. Vol 21, No 2 (2016). Diakses dari http://journal2.um.ac.id/index.php/jpg/article/view/304 pada 01 Mei 2019
Surya, M. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy
Tatang, S. 2012. Ilmu Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
Tim Penyusun. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edis Ketiga. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta: Balai Pustaka
------------------. 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Widayanto. 2013. “Pengaruh Self Efficacy dan Motivasi Berprestasi Siswa Terhadapa Kemandirian Belajar Mata Pelajaran K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja)â€. Diakses dari http://eprints.uny.ac.id/10052/1JURNAL.pdf pada 17 Juli 2018