IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DI SMA BINA MULIA PONTIANAK

Lazaro Kumala Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan penanaman karakterpada pelajaran muatan lokal hidroponikdalam mempersiapkan peserta didik menghadapi era revolusi industri 4.0 dan 2) mengetahui nilai-nilai karakter yang dihasilkan dari pelajaran muatan lokal hidroponik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek guru pendamping, peserta didik kelas X MIA dan kelasXI MIA. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan analisis dokumentasi. Teknik analisis data berupa reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa penanaman karakter pada pelajaran muatan lokal hidroponik di SMA Bina Mulia Pontianak dilakukan melalui tahap-tahap yang ada pada kegiatan pembelajaran hidroponik dan telah menghasilkan nilai-nilai karakter. Penanaman karakter dilakukan melalui tahappersemaian dan pembibitan, penanaman, pemeliharaan, dan pemanenan yang dilaksanakan secara sistematis. Adapun nilai-nilai karakter yang dihasilkanadalah jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab yang muncul pada setiap tahapan pembelajaran hidroponik.

 

 


Keywords


Pendidikan, Karakter, Hidroponik

Full Text:

PDF

References


Alviani, P. (2015). Bertanam Hidroponik Untuk Pemula.Jakarta:Ibid Publisher.

Daryono & Darmiatun. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

K, Komalasari. (2011). The Living Values Based Contextual Learning to Develop The Students Character. Journal of Social Science, 8 (2), 2012, p.246-251.

Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta : Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Kesuma, D. (2011). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Roesda Karya.

M. H, Romanowski. (2005). Through The Eyes of Teachers: High School Teacher’s Experiences with Character Education, ProQuest Education. Journals, vol. 34, 2005, p.6-23.

P, Haryadi. (2010). Penguatan Industri Penghasil Nilai Tambah Berbasis Potensi Lokal Peranan Teknologi Pangan untuk Kemandirian Pangan. Jurnal PANGAN, vol. 19, No. 4, 2010, p.295-301.


Article Metrics

Abstract view : 34 times
PDF - 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.