PENGUATAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI EKSTRAKULIKULER DI SEKOLAH

Authors

  • Intan Kusumawati Universitas Negeri Yogyakarta
  • Suci Cahyati Universitas Negeri Yogyakarta
  • Suharjana Suharjana Universitas Negeri Yogyakarta

Keywords:

karakter, disiplin, ekstrakulikuler

Abstract

Penguatan karakter disiplin melalui pelaksanaan ekstrakurikuler di sekolah dapat ditanamkan dan dikembangkan pada peserta didik melalui pembiasaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan penguatan karakter disiplin melalui kegiatan ekstrakulikuler kebugaran jasmani di sekolah. Karakter disiplin dapat ditanamkan dalam setiap kegiatan yang dilakukan peserta didik di berbagai kegiatan dalam kehidupannya sehari-hari. Kegiatan ekstrakurikuler kebugaran badan merupakan salah satu olahraga yang dapat dilaksanakan dalam penguatan karakter disiplin. Aktivitas serta kegiatan masyarakat di era revolusi industri 4.0 sekarang ini sering kita jumpai pola hidup kurang bergerak karena banyaknya kegiatan dan pekerjaan yang tidak banyak menuntut kegiatan fisik yang berat. Kemajuan teknologi mengubah sebagian masyarakat di Indonesia menggunakan waktunya dengan menggunakan teknologi modern seperti berada di depan TV, handphone, dan komputer. Saat ini peserta didik atau anak didik lebih suka bermain netgames, android, computer, dan playstation. Hal ini telah menjadi bentuk hidup masyarakat di Indonesia dan akibatnya masyarakat secara tidak sadar kurang bergerak. Orang yang kurang aktif bergerak dalam waktu yang lama menyebabkan tubuh menjadi kaku, tidak bugar, dan beresiko muncul berbagai masalah kesehatan seperti kegemukan, hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung serta memicu kemalasan. Ini merupakan tantangan masalah karakter bangsa apabila dibiarkan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik ataupun anak didik yang memiliki tubuh yang bugar dan sehat dapat menguatkan karakter disiplin menjadi pribadi yang mandiri serta berkarakter.

 

 

References

Bompa, T.O. (1993). Periodization of Strength Training. Toronto: Veritas Publishing Inc.

Bompa, T.O. (1994). Theory and Methodology of Training: The Key to Athletic Performance. Dubuque: Kendal/Hunt Publisihing

Bompa, T.O. (1999). Periodization, Theory and Methodology of Training. 4th ed. Dubuque: Kendal/Hunt Publishing Company

Depdiknas. (2000). Pedoman dan Modul Pelatihan Kesehatan Olahraga Bagi Pelatih Olahragawan Pelajar. Jakarta: Depdiknas

Djoko Pekik Irianto. (2002). Dasar Kepelatihan.Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.

Egger, G, Donovan, RJ, Spark, R (1993). Health and the Media. Principle and Practise for Health Promotion, Mc Graww Hill Book Company, Sydney.

Harsono. (1988). Coaching dan Aspek-aspek psikologis dalam Coaching. Jakarta: Dikti, Dep. P dan K.

Harsuki. 2003. Perkembangan Olahraga Terkini. Raja Gravindo. Jakarta

Downloads

Published

2020-02-13