ANALISIS HASIL AKTIVASI KETERAMPILAN BERBAHASA INGGRIS KOMUNITAS PEDAGANG PASAR BERINGHARJO

Authors

  • Hermayawati Hermayawati Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Elysa Hartati Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Keywords:

VEB, LPE, CPE, survival needs, self-learning

Abstract

Pasar Beringharjo (PB) merupakan salah satu pusat wisata yang ditargetkan menjadi tujuan wisata terkemuka di Asia Tenggara Tahun 2025. Target khusus kajian ini adalah memberikan pendampingan bagi para pedagang yang ada di PB agar mampu berbahasa Inggris minimal untuk bertahan hidup (survival needs) menggunakan Vendors English Book (VEB) yang merupakan hasil penelitian Penulis sebelumnya dengan tujuan untuk memberikan layanan komunikatif kepada para wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung di PB dan sekitarnya. Pendampingan dilakukan melalui tahapan LPE (latihan, praktik, evaluasi) dengan menggunakan pendekatan CPE (content, practice, and evaluation) yaitu: (1) melatih penggunaan VEB secara mandiri (self-learning) atau bersama teman; (2) mendorong pedagang lapak untuk praktik berbahasa Inggris secara langsung kepada wisman yang berkunjung di lapaknya secara mandiri; (3) mengevaluasi hasil penggunaan VEB. Sasarannya adalah 30 pedagang yang rata-rata berpendidikan sekolah dasar dan menengah. Waktu pelaksanaannya adalah 12 kali pendampingan. Data kajiannya berupa hasil observasi praktik berbahasa Inggris para pedagang yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan keberanian dan kemampuan dalam praktik berbahasa Inggris menggunakan VEB.Sebelumnya, mereka memberikan layanan menggunakan bahasa isyarat (body language). Keberanian mereka ini diharapkan dapat membekali pedagang untuk penyediaan layanan komunikatif bagi wisman.

 

 

References

Anonim, 2019. Buku Panduan PPM di Perguruan Tinggi Edisi XII Revisi . Jakarta: Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Bailey, Kathleen M. 2005. Practical English Language Teaching Speaking. New York: McGraw-Hill.

Broughton, G. (1980). The Threshold Level for Modern Language Learning in Schools. ELT Journal, Volume 34, Issue 3, April 1980, Pages 232–233, https://doi.org/10.1093/elt/34.3.232-a

Crooks, Steve dalam Tempo. 2016. Kemampuan Bahasa Inggris SDM Indonesia Masih Rendah. Jakarta: Tempo. Co. Edisi Sabtu, 10 Desember 2016. Diakses Minggu, 10 Februari 2019 dari https://nasional.tempo.co/read/827022/kemampuan-bahasa-inggris-sdm-indonesia-masih-rendah/full&view=ok.

Harmer, Jeremy. 2007. How to Teach English. China: Pearson Education Ltd.

Hutchinson T. and Waters A. 2007. English for Specific Purposes: A Learning-Centred Curriculum. Cambridge: Cambridge University Press.

Leong, Lai-Mei. & Ahmadi, Seyedeh Masoumeh. (March 20, 2017). An Analysis of Factors Influencing Learners’ English Speaking Skill. Universiti Sains Malaysia. Online Retrieved December 12, 2019 from International Journal of Research in English Education http://ijreeonline.com/

Nazara, Situjuh. (2011). Students’ Perception on EFL Speaking Skill Development. Journal of English Teaching 1(1), 28-43.

Really Learn English. (2019). Teaching English to Adults. Retrieved December 13, 2019 from https://www.really-learn-english.com/teaching-english-to-adults.html

Richards, JC. 2003. Curriculum and Materials Development for English Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

Situs Budaya. (2019).Sejarah Pasar Beringharjo Yogyakarta. Diunduh 12 Juli 2019 dari https://situsbudaya.id/sejarah-pasar-beringjarjo-yogyakarta/

Tuan, N. H., & Mai, T. N. (2015). Factors Affecting Students’ Speaking Performance at LE Thanh Hien High School. Asian Journal of Educational Research, 3(2), 8-23.

Van Ek, JK. & Trim 0, J.L.M. Council of Europe. (1991). Threshold. Cambridge, UK: Cambridge University Press.

Downloads

Published

2020-02-13