DESAIN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KOLABORASI MENDONGENG ORANG TUA DAN GURU

Duwi Purwati, Helaluddin Helaluddin, Apriani Nur

Abstract


Mendongeng adalah sebuah kegiatan yang kompleks karena berkaitan dengan banyak aspek dimana salah satu fungsinya adalah untuk membentuk pendidikan karakter pada anak-anak. Namun demikian, pada kenyataannya, hanya ada beberapa orang tua dan guru yang memiliki kesempatan dan keterampilan yang memadai sebagai pendongeng untuk anak-anaknya. Oleh karena itu, desain pengajaran dan pembelajaran yang tepat diperlukan untuk mengimplementasikan pendidikan karakter tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain deskriptif yang menerapkan penelitian kepustakaan di mana data akan dikumpulkan dari beberapa bahan, dokumen, buku, artikel penelitian, dan beberapa laporan yang berkaitan dengan masalah tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah desain pendidikan karakter melalui kolaborasi mendongeng antara Orang tua dan Guru yang berisi tiga tahap, (1) tahap perencanaan, membentuk forum diskusi yang melibatkan orang tua murid dan guru untuk membahas tema, tokoh, lokasi, dan suasana yang mendukung cerita; (2) tahap pelaksanaan, berbagi peran tokoh dongeng, improvisasi dongeng, dan menjalin dialog untuk mengasah imajinasi siswa dan (3) tahap penutupan, memberikan umpan balik dan motivasi kepada siswa.

 

Kata Kunci: Pendidikan karakter, kolaborasi, mendongeng


Full Text:

PDF

References


Ahyani, Latifah, Nur. 2010. Metode Mendongeng Dalam Meningkatkan Perkembangan Kecerdasasn Moral Anak Usia Prasekolah. Jurnal Psikologi Universitas Muria Kudus. Volume 1, No 1, Desember 2010.

Bawono, Yudha. (2013). Peran Orang Tua dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak melalui Pemberian Dongeng Sejak Dini. Prosiding Seminar Nasional.

Fagminyl, F, F,. 2011. The Role of Parents in Early Childhood Education: A Case Study of Ikeja, Lagos State, Nigeria. Global Journal of Human Social Science Volume 11 Issue 2 Version 1.0

Izzaty, E.R., Choimah, N., Astuti, B,. 2016. The Implementation of an Integrative Model of Adventure-Based Counseling and Adlerian Play Therapy Value-Based Taught by Parents to Children to Increase Adjustment Ability of Preschool Children. Asia Pacific Journal of Multidisciplinary Research Vol. 4 No.4, 36-45.

Laura Histo. 2010. Strategis in Home and School Collaboration among Early Education Teacher.Scandinaviana Journal Of education Research Vol, 54, no 2.

Mariyati. 2016. MembangunKarakterAnakSejakUsiaDini. Harakat an- Nissa: JurnalStudi Gender danAnak, Vol 1 no 1.

Mursyid. 2015. BelajardanPembelajaran PAUD. Bandung : (PT RemajaRosdakarya).

Sagala Syaiful. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran.Bandung : Alfabeta

Suyadi&Ulfah, M. (2015).KonsepDasar PAUD. Bandung : PT RemajaRosdakarya

Sumaryanti, Lilis. (2018). Membudayakan Literasi pada Anak Usia Dini dengan Metode Mendongeng. Al-Asasiyya: Journal Basic of Education. Vol. 03, No. 01

Priyatni, Endah. (2012). Membaca Sastar dengan Ancangan Literasi Kritis. Jakarta: Bumi Aksara


Article Metrics

Abstract view : 114 times
PDF - 93 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.