IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTERMAHASISWA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 MELALUI MATAKULIAH PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN

Dian Yudhawati

Abstract


Era revolusi industri 4.0 memberikan banyak dampak perubahan pada berbagai hal, termasuk dalam perubahan karakter mahasiswa. Oleh sebab itu penguatan pendidikan karakter merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan pada saat ini. Kelima nilai  utama karakter seperti nilai religious, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas bukanlah nilai yang berdiri dan berkembang sendiri-sendiri melainkan nilai yang berinteraksi satu sama lain, yang berkembang secara dinamis dan membentuk keutuhan pribadi. Dari nilai utama manapun pendidikan karakter dimulai, individu dan perguruan tinggi perlu mengembangkan nilai-nilai utama tersebut baik secara konseptual dan operasional. Mata kuliah pengembangan kepribadian dengan materi intra personal, interpersonal, problem solving, learning dan professional skill merupakan suatu upaya yang perlu didiskusikan untuk pengembangan implementasi penguatan pendidikan karakter di perguruan tinggi.

 

 

 


Keywords


Penguatan Pendidikan karakter, Mata kuliah Pengembangan Kepribadian

Full Text:

PDF

References


Damayanti, Deni. 2014. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Aras.

Dharma, K., Cepi, T., dan Johar, P. 2011. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurniawan, Syamsul. 2014. Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sari Nurrati Kurnia dan Puspita Linda Diah. 2019. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Dikdas Bantara (Vol.2, No. 1, Februari 2019).

Lickona, Thomas. 2012.Mendidik Untuk Membangun Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara

Rahayu, A.D dan Novira, Y. 2018. Modul Pengembangan Kepribadian. Yogyakarta: PT Multi Daya Setya


Article Metrics

Abstract view : 34 times
PDF - 74 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.