UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU VOKASI BIDANG KECANTIKAN DALAM REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Authors

  • Dian Meisanti Universitas Negeri Jakarta
  • Sitti Nursetiawati Universitas Negeri Jakarta
  • Dwi Atmanto Universitas Negeri Jakarta

Keywords:

Kompetensi, Guru SMK Bidang Kecantikan, Revolusi Industri 4.0

Abstract

 

 

 

1, Sitti Nursetiawati2, 3

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru vokasi bidang kecantikan dalam menghadapi revolusi indutri 4.0. Pendidikan merupakan proses untuk mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik. Melalui pendidikan inilah semua potensi yang dimiliki oleh peserta didik akan berubah menjadi kompetensi. Kompetensi mencerminkan kemampuan  dan kecakapan peserta didik dalam menyelesaikan tugas yang diembannya. Hanya peserta didik yang memiliki kompetensi yang tinggi yang mampu menghadapi tantangan revolusi industri 4.0. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode studi pustaka yang bersumber dari buku-buku dan jurnal yang relevan dengan pembahasan penelitian ini. Fokus penelitian ini merujuk pada kompetensi guru vokasi bidang kecantikan dalam membentuk karakter siswa agar bijak menggunakan teknologi untuk menghadapi industri 4.0. Berdasarkan beberapa hasil tinjauan kepustakaan diketahui bahwa sebagai guru vokasi bidang kecantikan yang profesional dituntut untuk dapat membekali kemampuan kreativitas, rasionalitas, keterlatihan memecahkan masalah, dan kematangan emosionalnya. Semua bekal ini dimaksudkan mewujudkan guru yang berkualitas sebagai tenaga profesional yang sukses dalam menjalankan tugasnya. Selain itu, keberhasilan guru vokasi bidang kecantikan dapat ditinjau dari dua segi proses dan dari segi hasil. Dari segi proses, guru berhasil bila mampu melibatkan sebagian besar peserta didik secara aktif baik fisik, mental maupun sosial dalam proses pembelajaran, juga dari semangat mengajarnya serta adanya rasa percaya diri. Sedangkan dari segi hasil, guru berhasil bila pembelajaran yang diberikannya mampu mengubah perilaku pada sebagian besar peserta didik ke arah yang lebih baik. Teknologi juga membawa pembaharuan yang cepat sehingga guru harus mampu memahami teknologi agar siswa diarahkan kepada kemajuan berbasis internet.

 

 

References

Susanti Ernita, dkk. 2019. Peran Guru Fisika Di Era Revolusi Industri 4.0. Diffraction Journal for Physics Educatio and Applied Physics Volume.1, No. 1

Irwanto. 2019. Kompetensi Guru Vokasional SMK di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. Vol. 2, No.1. Banteng: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Sajidan, dkk. 2017. Konseptual Model Pengembangan Kompetensi Guru Produktif SMK Berbasis Industri. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan

Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Nurkholis Anwar dan Badawi, 2019. Profesionalisme Guru di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 12 Januari 2019

Downloads

Published

2020-02-13