PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Authors

  • Depi Kurniati UIN Maliki Malang
  • Ikhwan Nur Rois STAI Masjid Syuhada Yogyakarta
  • Irmariyadi Irmariyadi UIN Maliki Malang

Keywords:

Karakter, Pembelajaran, Bahasa Arab, Revolusi Industri 4.0

Abstract

Era revolusi industri 4.0 telah banyak memberikan dampak positif maupun negatif terhadap kepribadian individu seseorang atau karakter. Pendidikan Nasional (DIKNAS) menetapkan ada 18 pendidikan karakter, oleh karena itu pendidikan karakter ini sangatlah diperhatikan dalam sistem pendidikan di Indonesia, hal ini dibuktikan dengan kurikulum 2013, yang mana didalamnya memperhatikan pembentukan karakter pada setiap pembelajaran di sekolah, termasuk pada pembelajaran bahasa Arab. Artikel ini mempunyai maksud untuk memaparkan suatu pendidikan karakter yang terdapat pada pembelajaran bahasa Arab Jenis penelitian dalam artikel ini dengan kajian pustaka atau library research, dan pendekatan deskriptif, adapun metode yang digunakan yaitu metode pengumpulan data berupa dokumentasi. Hasil penelitian yang dihasilkan yaitu 10 nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaan bahasa Arab, diantaranya: religius, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, komunikatif, gemar membaca, peduli sosial.

 

 

References

Abd. Wahab Rosyidi & Mamlu’atul Ni’mah. (2011). Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-Maliki Press.

Departemen Agama. (2003). Memahami Paradigma Baru Pendidikan Nasional Dalam Undang-Undang SISDIKNAS. Jakarta: Departemen Agama RI

Hermawan. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Jauhari, Qomi Akid. (2018). Pembelajaran Maharah Istima Di Jurusan PBA UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Jurnal Tarbiyatuna, 3(1), 129 – 152.

Kesuma, Dharma, dkk. (2012). Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Narwanti, Sri. (2011). Pendidikan Karakter: Pengintegrasian 18 Nilai Pembentuk Karakter Dalam Mata Pelajaran.

Nur Sholeh dan Ulin Nuha. (2013). Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab: Analisis dan Panduan Kurikulum Bahasa Arab sesuai KTSP. Yogyakarta: Diva Press.

Rois, Ikhwan Nur & Izani, Riska. (2019). Implementasi Ath-Thariqah Al-Intiqaiyyah Dalam Memahami Kaidah Bahasa Arab Bagi Pemula. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa UM Malang, 132-144.

Rois, Ikhwan Nur. (2019). تعليم مهارة القراءة من خلال الطريقة Tutor Sebaya ÙÙŠ العصر الألÙÙŠ. Prosiding Konferensi Nasional Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 144-151.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Team Inovasi. (2018) Perkembangan Industri Hingga Revolusi Industri 4.0. Blog Bisnis & Inovasi Industri. Diakses pada tanggal 08 Oktober 2018.

Thu’aimah, Rusydi Ahmad dan Manna’, Muhammad as-Sayyid. (2000). Tadris al-Arabiyah fi at-Ta’lim al-Aam Nadhoriyat wa Tajaru. Kairo: Dar al-Fikr al-Araby.

Downloads

Published

2020-02-13