ANALISIS KEBUTUHAN MODUL PEMBELAJARAN DALAM MATA KULIAH PERAWATAN KULIT WAJAH MANUAL DI PROGRAM STUDI TATA RIAS

Dena Ritmi Sekar Nugrahaeni, Nurul Hidayah, Dwi Atmanto

Abstract


Pendidikan merupakan kebutuhan dasar yang mempengaruhi hidup manusia. Pendidikan tidak terlepas dari proses pembelajaran. Pendidikan berfungsi untuk mengembangkan kemampuan generasi bangsa, yang mana pendidikan tersebut diperoleh melalui proses pembelajaran. Pembelajaran dapat berlangsung baik apabila pendidik dapat mencapai tujuan pembelajaran dalam menyampaikan materi pelajaran. Untuk mencapai tujuan pembelajaran pendidik harus mempunyai alat bantu atau media pembelajaran sebagai sarana pendukung selain menyampaikan materi di dalam kelas sehingga mampu merangsang pembelajaran agar semakin efektif. Salah satu media pembelajaran yang dapat mendukung proses pembelajaran adalah modul. Modul merupakan satu kesatuan program yang dapat mengukur tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan modul pembelajaran pada mata kuliah perawatan kulit wajah manual materi kulit berminyak. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik program studi tata rias yang sedang atau sudah mengambil mata kuliah perawatan wajah manual. Metode yang digunakan yaitu R&D (Research & Development) dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kebutuhan pengembangan modul dalam mata kuliah perawatan kulit wajah manual. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner. Hasil survei menyatakan kurangnya ketersediaan modul yang digunakan dalam mata kuliah perawatan wajah manual dengan nilai presentase 83,3%. Hasil survei juga menyatakan perlunya pengembangan modul mata kuliah perawatan kulit wajah manual pada sub bab kulit berminyak dengan nilai presentase 100%.

 

 


Keywords


Analisis Kebutuhan, Modul Pembelajaran, Perawatan Kulit Wajah Manual

Full Text:

PDF

References


Hamalik, (2017). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta : Pedagigia (PT

Pustaka Insan Madani, Anggota IKAPI)

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Gumanti, Tatang Ari. DKK. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : Mitra Wacana Media

Deviana, Tyas. 2018. Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Tulungagung Untuk Kelas V SD Tema Bangga Sebagai Bangsa Indonesia. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, hal 48 Universitas Muhammadiyah Malang

Hidayah, Nurul ; Supiani, Titin. 2019. The Development of a Learning Tutorial Media Video in Making Sambiloto Masks with a Mixture of Rice Flour in Traditional Cosmetics Subjects, hal 238 Universitas Negeri Jakarta


Article Metrics

Abstract view : 29 times
PDF - 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.