PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PROGRAM ASRAMA BAHASA ARAB MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DI MAN 3 PALEMBANG

Authors

  • Ayu Desrani Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
  • Kamila Adnani Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
  • Mar’atun Naziroh Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim

Keywords:

Pendidikan Karakter, Program Asrama Bahasa Arab, Era 4.0

Abstract

Pada Era 4.0, Indonesia dihadapkan dengan derasnya arus globalisasi yang merupakan proses tatanan yang dimiliki masyarakat secara mendunia tidak mengenal batas wilayah. Hal ini berlangsung juga dibidang Pendidikan di Indonesia yang dianggap sebagai penyebab keterpurukan bangsa dengan alasan pendidikan kita tidak menghasilkan SDM yang baik.karakter bangsa merupakan suatu yang penting untuk memajukan suatu bangsa. Untuk mengatasi hal tersebut perlu adanya perubahan dalam pembelajaran tidak terkecuali dalam proses program pembelajaran bahasa arab. tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter dalam program pembelajaran bahasa arab.adapun metode menggunakan kualitatif deskriptif dengan melakukan pengumpulan data melalui observasi, wawancara. Sedangkan analisis data menggunakan teori milles dan huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Palembang melakukan penerapan pendidikan karakter di asrama melalui bahasa arab  melalui bebera kegiatan kajian kitab, muhadoroh, al-barzanji, tahfidz al-qur’an, membaca surah yasin, bimbel malam, dan pentas seni. Adapun karakter yang dapat dihasilkan dari kegiatan-kegiatan tersebut adalah religious, bertanggung jawab, disiplin, percaya diri, kreatif, komunikatif, rasa ingin tahu, sopan dan santun, sabar, ikhlas, rendah hati, mandiri, jujur, menghargai, kreatif dan inovatif

 

 

References

Abdullah, F. (2014). Virtues and character development in islamic ethics and positive psychology. International Journal of Education and Social Science.

Anwar, S. (2016). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Islam.

Forster, G., & Fenwick, J. (2015). The influence of Islamic values on management practice in Morocco. European Management Journal. https://doi.org/10.1016/j.emj.2014.04.002

Huberman. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi. jakarta: UI-PRESS.

Jamaluddin, D. (2013). Character Education In Islamic Perspective. International Journal of Scientific & Technology Research.

Kemendiknas. (2010). Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. jakarta.

Khan, Y. (2010). Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri; Mendongkrak Kualitas Pendidikan. yogyakarta: Pelangi Publishing.

Koesoema, D. (2010). Pendidikan Karakter; Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. jakarta: Grasindo.

Majid, diana andayani. (2011). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Malik, M. A. (2019). Pengaruh Ekstra Kurikuler Kajian Kitab Kuning (K3) Terhadap Karakter Religius Siswa. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Moloeng, lexi j. (2014). Metode penelitian kualitatif. bandung: PT Remaja Rosdakrya.

Nanisanti, nor kurnia. (2014). Pengembangan Karakter Religius Siswa Melalui Kegiatan Ektrakulikuler Muhadhoroh Di Pondok Modern Mts Darul Hikmah. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Nucci, L., Narvaez, D., & Krettenauer, T. (2014). Handbook of moral and character education. In Handbook of Moral and Character Education. https://doi.org/10.4324/9780203114896

Pala, A. (2011). THE NEED FOR CHARACTER EDUCATION. International Journal of Social Sciences and Humanity Studies.

Resviya. (2017). implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran menulis argumentasi di MA SYABILALARSYAD DESA BATAMPANG. Jurnal Menejemen Waktu, 4, 29–40.

Setiawan, A. (2015). Pengintegrasian Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Agung Setiyawan Pendahuluan Era globalisasi telah membawa dampak luas di belahan bumi mana pun , tak terkecuali di negeri I. 9.

Sifa, S. (2017). Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Sd It Harapan Ummat ( Harum ) Purbalingga Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Institut Agama Islam Negeri.

Ulwan, nasih A. (1992). Tarbiyatul Awlaad fi al-Islaam. jeddah: darussalam.

Wakgito, B. (2008). kenakalan remaja. bandung: PT Karya Nusantara.

Zuliana, E. (2017). Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Studi pada Madrasah Aliyah Negeri I Sragen Jawa Tengah). An-Nabighoh, 19, 127–156.

Downloads

Published

2020-02-13